Pengaruh Rendam Kaki Dengan Air Garam Hangat Terhadap Kualitas Tidur Lansia di Panti Wreda Wilayah Kota Cirebon Tahun 2019

  • R. Nur Abdurakhman
  • Agung Maulana Firdaus

Abstract

Pemanfaatan atau penggunaan air merupakan salah satu dari jenis relaksasi atau sering kita dengar dengan sebutan hydrotherapy. Masalah yang sering yang sering dialami oleh yang usia lanjut diantaranya berupa sulit tidur untuk bisa tidur pulas, sering terbangun pada malam hari dan sulit memulai tidur kembali. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rendam kaki dengan air garam hangat terhadap kualitas tidur pada lansia di panti wreda wilayah kota Cirebon. Desain penelitian praeksperimen dengan pendekatan one group pretest post test design. Dimana penedekatan one group pretest postest adalah rancangan yang tidak memiliki atau melibatkan kelompok pembanding (kontrol). Hasil uji statistik diperoleh sig (p) 0,001<a(0,05) yang berarti terdapat pengaruh terhadap kualitas tidur lansia dipanti wreda wilayah kota cirebon sebelum dan sesudah merendam kaki dengan air garam hangat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang bermakna dari merendam kaki dengan air garam hangat terhadap kualitas tidur lansia dipanti wreda wilayah kota cirebon 2019.


Kata Kunci : RendamĀ  Kaki, Air Garam dan Kualitas Tidur Lansia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2019
How to Cite
ABDURAKHMAN, R. Nur; FIRDAUS, Agung Maulana. Pengaruh Rendam Kaki Dengan Air Garam Hangat Terhadap Kualitas Tidur Lansia di Panti Wreda Wilayah Kota Cirebon Tahun 2019. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 10, p. 116-124, oct. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/757>. Date accessed: 11 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i10.757.