Perbedaan Multiple Intelligence Untuk Pencapaian Prestasi Belajar

  • Setiana Setiana
  • Ika Candra Destiyanti

Abstract

Multiple Intelligence disebut-sebut sebagai teori kecerdasan paling mutakhir yang menjadi jawaban bagi banyak pemerhati dan pendidik dalam menggali bakat dan potensi manusia yang menjadi prinsip untuk memperoleh prestasi belajar. Hasil penelitian melaporkan salah satu cara untuk mengoptimalkan multiple intellingece adalah kreativitas berbasis kecerdasan. Hasil penelitian ini menunjukan dampak pada prestasi belajar peserta didik/siswa terutama dalam peningkatan kecerdasan spacial, linguistik, kinestetik dan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui ciri-ciri multiple intelligence yang terdapat pada siswa; b) mengetahui pengaruh multiple intelligence terhadap prestasi belajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model atau desain sequential explanatory. Metode ini merupakan metode penelitian kombinasi yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan, di mana pada tahap pertama penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan pada tahap kedua dilakukan dengan metode kualitatif. Tahapan dari penelitian ini meliputi tiga tahapan, yaitu : 1) Tahap I (Persiapan).;2) Tahap II (Pelaksanaan).; dan 3) Tahap III (Pelaporan).Hasil penelitian ini adalah   siswa yang dapat mengembangkan multiple intelegencenya maka dapat meningkatkan prestasi belajarnya sehingga siswa dapat mengetahui pola belajarnya akan sangat mudah mempelajari materi di sekolah. sedangkan untuk guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran dengan baik sesuai kemampuan intelegence siswannya.


Kata kunci: Multiple Intelligence, Prestasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 20, 2019
How to Cite
SETIANA, Setiana; DESTIYANTI, Ika Candra. Perbedaan Multiple Intelligence Untuk Pencapaian Prestasi Belajar. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 11, p. 163-173, nov. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/794>. Date accessed: 11 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i11.794.