Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Esteem Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon

  • Abas Hidayat
  • Fani Juliyanto Perdana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan self-esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif besifat asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Jumlah sampel yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan rumus Solvin dengan taraf signifikan 5% yaitu sebanyak 278 responden yang diambil dengan teknik pengambilan simple random sampling. Data primer yang dikumpulkan langsung dari hasil pengisian angket skala Likert terhadap 278 responden. Data sekunder berupa daftar Indeks Prestasi Sementara (IPS) yang diperoleh dari bagian adminitrasi akademik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon. Hasil analisis uji hipotesis statistik secara parsial yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial self-efficacy terhadap prestasi belajar mahasiswa, terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial self-esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil uji hipotesis statistik secara simultan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan self-efficacy dan self-esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa.


Kata kunci: Self-Efficacy, Self-Esteem, Prestasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 20, 2019
How to Cite
HIDAYAT, Abas; PERDANA, Fani Juliyanto. Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Esteem Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 12, p. 1-16, dec. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/824>. Date accessed: 26 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i12.824.