`Pengaruh Kemampuan dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Pabrik Tahu di Desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis

  • Sudibyo Budi Utomo
  • Siti Nuraeni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kemampuan dan kepuasan kerja terhadap produktivitas karyawan.Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh Kemampun Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan baik secara parsial maupun simultan pada Pabrik Tahu di Desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 25 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis.Hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa: Y = 11,038 + 0,178X1 + 0,093X2. Dari persamaan linear berganda di atas, dapat dilihat besarnya konstanta adalah 11,038. Hal ini berarti harga matematis perubahan prduktivitas karyawan(Y) pada saat semua variabel bebasnya nol adalah sebesar 11,038. Koefisien korelasi antara kemampuan dan kepuasan kerja dengan produktivitas karyawan adalah sebesar 0,23. Hal tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara ketiga variabel dikatakan cukup. Koefisien determinasi menunjukkan nilai variabel Produktivitas Karyawan 5,3% ditentukan oleh varian yang terjadi pada Kepuasan Kerja dan Kemampuan Kerja. Dengan demikian, pengaruh Kemampuan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan = 5,3% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis pertama dapat dierima, karena t hitung > t tabel untuk uji satu pihak ha ditolak dan ho diterima.

Kata kunci: Kemampun Kerja, Kepuasan Kerja , Produktivitas Karyawa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 23, 2019
How to Cite
UTOMO, Sudibyo Budi; NURAENI, Siti. `Pengaruh Kemampuan dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Pabrik Tahu di Desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 12, p. 180-186, dec. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/833>. Date accessed: 25 jan. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i12.833.