Publication Ethic

Pernyataan Etika Publikasi

Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia :   Syntax Literate menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu umum. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini atau resensi dari buku ilmiah. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan termasuk penulis, Dewan Editorial, Penyunting Ahli, dan Penerbit.

 

Etika Panduan Penerbitan

Penerbitan artikel di Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia adalah proses yang sangat penting dalam pengembangan pengetahuan yang koheren dan terhormat. Ini adalah refleksi langsung dari kualitas kerja dan institusi penulis yang mendukung peneliti. Artikel yang diulas berisi dan mendukung metodologi ilmiah. Oleh karena itu, penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan termasuk penulis, penyunting, penyunting ahli, editor pelaksana, penerbit, dan masyarakat.

 

Keputusan Penerbitan

Para editor bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang dikirimkan harus dipublikasikan. Validasi karya-karya ini dan kepentingannya bagi penulis dan pembaca harus mendukung keputusan itu. Para editor dipandu oleh kebijakan dewan editor jurnal dan dibatasi oleh undang-undang yang meliputi pencemaran nama baik, hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berdiskusi dengan editor lain atau tim penilai untuk memutuskan kebijakan.

 

Keadilan

Para editor selalu menilai naskah berdasarkan intelektualitas mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, kepercayaan, etnis, kebangsaan atau filosofi politik penulis.

 

Kerahasiaan

Penyunting ahli dan Penyunting pelaksana dilarang untuk mengungkapkan informasi apa pun yang terkait dengan naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain kepada penulis itu sendiri, editor senior, mitra bestari, dan penerbit.

 

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Semua konten yang tidak diterbitkan yang ditulis dalam naskah dilarang untuk digunakan pada penelitian editor sendiri tanpa konfirmasi dari penulis.

Kontribusi terhadap Keputusan Editor

Penilaian Penyunting Ahli membantu para editor untuk membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi antara editorial dan penulis, ini dapat membantu penulis untuk meningkatkan artikelnya.

 

Kecepatan

Setiap penilai terpilih yang tidak merasa memenuhi syarat untuk menilai suatu penelitian yang diterbitkan pada sebuah naskah atau mengetahui bahwa penilaiannya membutuhkan waktu yang lebih lama, sehingga ia harus memberi tahu para editor dan menarik dirinya kembali dari proses penilaian.

 

Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima yang dinilai harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Itu tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain tanpa otoritas editor.

 

Standar Objektivitas

Penilaian harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi kepada penulis tidak dibenarkan. Penilai harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas menggunakan argumen pendukung.

 

Pengakuan Referensi

Penilai harus mengidentifikasi artikel yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan pengamatan, derivasi, atau argumen yang telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Penilai juga harus meminta editor untuk memperhatikan kesamaan atau tumpang tindih di antara naskah yang telah dinilai dan diterbitkan.

 

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau argumen rahasia yang diperoleh melalui penilaian Penyunting ahli harus dijaga kerahasiaannya dan dilarang untuk digunakan untuk tujuan pribadi. Para penilai tidak dapat menilai naskah jika mereka memiliki konflik kepentingan dengan penulis, perusahaan, atau lembaga yang terlibat dalam penulisan naskah.

 

Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan yang akurat tentang artikelnya dan diskusi objektif tentang signifikansi artikelnya. Data dasar harus disajikan secara akurat. Artikel harus mencakup detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain melakukan penelitian yang sama. Pernyataan penipuan atau laporan yang sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis artikel asli mereka, selain itu, mereka harus mengutip dengan benar jika mereka mengambil artikel atau kata-kata orang lain.

 

Penerbitan Ganda, Pengulangan atau Kebetulan

Secara umum, seorang penulis tidak diperbolehkan memiliki publikasi yang sama yang memiliki fokus penelitian serupa pada lebih dari satu jurnal.