Pengaruh Edukasi Dengan Metode Peer Group Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Tekanan Darah Pada Lansia Di UPTD Puskesmas Sukahaji Kabupaten Majalengka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh edukasi dengan metode peer group terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan tekanan darah pada lansia di UPTD Puskesmas Sukahaji Kabupaten Majalengka. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian quasy eksperiment (eksperimen semu) dengan desain one group pretest-posttest design. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 lansia di UPTD Puskesmas Sukahaji Kabupaten Majalengka. Waktu penelitian ini memerlukan waktu dilaksanakan pada bulan Januari-Juni 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah sebelum pelaksanaan edukasi diperoleh rata-rata sebesar 167.1 dan sesudah pelaksanaan edukasi diperoleh rata-rata sebesar 162.3. Pengetahuan sebelum pelaksanaan edukasi diperoleh rata- rata sebesar 64.7 dan setelah pelaksanaan edukasi diperoleh rata-rata sebesar 76.8. Rata-rata sikap sebelum pelaksanaan edukasi sebesar 75.8 dan sikap setelah pelaksanaan edukasi diperoleh rata-rata sebesar 83.9. Ada pengaruh edukasi dengan metode peer group terhadap perubahan pengetahuan lansia di UPTD Puskesmas Sukahaji Kabupaten Majalengka. Ada pengaruh edukasi dengan metode peer group terhadap perubahan sikap lansia di UPTD Puskesmas Sukahaji Kabupaten Majalengka. Ada pengaruh edukasi dengan metode peer group terhadap perubahan tekanan darah lansia di UPTD Puskesmas Sukahaji Kabupaten Majalengka. Pihak UPTD Puskesmas Sukahaji dapat menerapkan edukasi dengan metode peer group tentang hipertensi untuk meningkatkan pengetahuan dan membangun sikap yang positif agar lansia berperan aktif dalam upaya peningkatan derajat kesehatan pada lansis khususnya untuk mencegah penyakit hipertensi.
Kata kunci : Edukasi, Peer Group, Pengetahuan, Sikap, Hipertensi, Lansia