Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Consumer Behavior Dan Dampaknya Pada Purchasing Decision Produk Kosmetik Korea Mahasiswi Kota Sukabumi

  • Bambang Somantri Program Studi Manajemen, Institut Manajemen Wiyata Indonesia
  • Ghina Cynthia Larasati Program Studi Manajemen, Institut Manajemen Wiyata Indonesia
Keywords: faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, perilaku konsumen, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dari studi ini untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap perilaku konsumen (consumer behavior) dan implikasinya terhadap keputusan pembelian (purchasing decision). Metode penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 sampel. Sedangkan Teknik pengujian instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan asosiatif kausal, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) faktor budaya tidak berpengaruh positif secara langsung terhadap keputusan pembelian (purchasing decision). (2) faktor sosial tidak berpengaruh positif secara langsung terhadap keputusan pembelian (purchasing decision). (3) faktor pribadi tidak berpengaruh positif secara langsung terhadap keputusan pembelian (purchasing decision). (4) faktor psikologis tidak berpengaruh fpositif secara langsung terhadap keputusan pembelian (purchasing decision). (5) faktor budaya berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian (purchasing decision) dengan perilaku konsumen (consumer behavior) sebagai variabel intervening. (6) faktor sosial tidak berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian (purchasing decision) dengan perilaku konsumen (consumer behavior) sebagai variabel intervening. (7) faktor pribadi berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian (purchasing decision) dengan perilaku konsumen (consumer behavior) sebagai variabel intervening. (8) faktor psikologis tidak berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian (purchasing decision) dengan perilaku konsumen (consumer behavior) sebagai variabel intervening. (9) perilaku konsumen (consumer behavior) berpengaruh positif secara langsung terhadap keputusan pembelian (purchasing decision). Penelitian ini hanya dilakukan di 3 perguruan tinggi di Kota Sukabumi saja dan hanya empat variabel independen saja yang di uji. Diharapkan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis lebih diperhatikan oleh pelaku usaha kosmetik lokal agar tidak kalah saing dengan produk impor dan dapat meningkatkan keputusan pembelian (purchasing decision) konsumen

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-20