Model Pembelajaran Gerak Dasar Senam Irama Berbasis Multimedia Pada Anak Usia Dini

  • Oktariyana Oktariyana
  • Oktariyani Oktariyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keefektifan produk berupa model pembelajaran gerak dasar senam irama berbasis multimedia pada anak usia dini. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengadopsi dari teori Borg dan Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli media 82.14% (sagat baik), ahli materi senam irama 88.00% (sangat baik), dan ahli pembelajaran 85.00% (sangat baik). Sementara dari analisis data uji coba skala kecil sebesar 87.50 % (sangat baik). Selanjutnya dilakukan uji produk skala besar dengan persentase rata-rata sebesar 93.06% (sangat baik). Dengan demikian produk memiliki tingkat kelayakan yang baik sekali. Dan berdasarkan hasil uji efektfitas model pembelajaran gerak dasar senam irama berbasis multimedia pada anak usia dini diperoleh scor hasil persentase postest siswa dalam keterampilan senam irama (senam anak nasional Indonesia) setelah diberi perlakuan sebesar 86.75% (pemanasan), 85.55% (inti), dan 90.95% (pendinginan). Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran gerak dasar senam irama berbasis multimedia pada anak usia dini ini efektif digunakan sehingga dapat meningkatkan keterampilan senam ritmik anak usia dini.
Kata Kunci: Anak Usia Dini; Gerak Dasar; Multimedia, Pengembangan; Senam Irama

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-20