I, Strategi Implementasi Strategi Pemasaran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) di Bank Muamalat Cabang Cirebon
Abstract
Dunia perbankan, khususnya pada perbankan Syariah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan begitu maka persaingan antara produk - produk perbankan tidak dapat terhindarkan dan semakin ketat. Salah satunya yaitu pada produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Perbankan syariah harus memiliki stretegi pemasaran yang efektif dan efisien, serta terukur untuk menguasai segmen pasar, serta pula memiliki daya tarik untuk memasarkan produk KPR agar dapat menarik minat konsumen serta bersaing dengan perbankan lainnya termasuk Bank Konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perumusan strategi pemasaran, implemenntasi serta evaluasi yang digunakan oleh Bank Muamalat Cabang Cirebon. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan penelitian kepustakaan, yaitu teknik pengumpulan data dengan menggunakan sumber tertulis. Penelitian lapangan, yaitu teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dengan bagian Marketing KPR, Bagian HUMAS, dan Back Office Bank Muamalat Cabang Cirebon yang bertanggung jawab atas pemasaran produk KPR sehingga mendapatkan data yang akurat pada proses penelitian yang diteliti.
Melalui wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Bank Muamalat Cabang Cirebon dalam memasarkan produk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) adalah melalui promosi diberbagai media, bekerja sama dengan developer-developer, Ustadz dan mengikuti berbagai macam event tertentu pada sebuah perkantoran, mall dan acara kemasyarakatan di tiap waktu dan berbagai tempat.