Penerapan Model Cooperative Learning Type Tgt Materi Interaksi Sosial Mata Pelajaran IPS Kelas V Di Sdn Mangunharjo 7 Probolinggo

  • Ryzca Siti Qomariyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga
  • Anifatur Rizqiyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga
  • Eka Nurhayati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga
  • Nadya Dwi Luckita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga
  • Siti Nur Hidayati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Panca Marga

Abstract

Kurang maksimalnya dalam menggunakan media sebagai alat untuk menyalurkan materi mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Sehingga tujuan penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar Cooperative learning tipe TGT pada siswa kelas 6 SD. Pembelajaran ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi serta refleksi tindakan. Penelitian ini melibatkan 30 siswa SD kelas V yang terlibat. Data untuk penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Tes tersebut digunakan untuk mengukur keberhasilan hasil belajar siswa, dan dianalisis menggunakan analisis data deskriptif, yaitu mencari rata-rata siswa, tingkat penyerapan, dan persentase belajar. Analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 2,5 dengan kategori kurang aktif dan siklus II sebesar 5,6 kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas 6 SD secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 21, 2022
How to Cite
QOMARIYAH, Ryzca Siti et al. Penerapan Model Cooperative Learning Type Tgt Materi Interaksi Sosial Mata Pelajaran IPS Kelas V Di Sdn Mangunharjo 7 Probolinggo. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 11, p. 15761-15768, nov. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/10001>. Date accessed: 03 dec. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i11.10001.