Evaluasi User Experience Aplikasi Tokopedia Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)

  • Ahmad Ardin Fariska Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Pacu Putra Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Nabila Rizky Oktadini Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Allsela Meiriza Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Putri Eka Sevtiyuni Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, Indonesia
Keywords: Ecommerce Penggunaan, Aplikasi, User experience, konsumen

Abstract

E-commerce adalah toko digital yang ada tanpa perlu bertemunya penjual dan pembeli. Ada beberapa aspek pasar yang membuat konsumen merasa nyaman berbisnis, seperti User experience dengan fitur yang mengenali apa yang dialami konsumen. Tujuan studi ialah untuk mengetahui analisi perbandingan user experience aplikasi Tokopedia dengan menilai user experience kemudian untuk mencari aspek mana saja yang perlu ditingkatkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi literatur penulis mencari informasi berkaitan metode yang dipakai dan permasalahan di penelitian ini sumbernya dari buku, jurnal, artikel, dan penelitian selain itu adanya Tokopedia sebagai objek penelitian dalam Evaluasi User Experience (UX) menggunakan User Experience Questionnaire.Tokopedia punya penilaian pengalaman pengguna yang positif untuk variabel disukai pengguna, variabel produk yang mudah digunakan, variabel produk yang membantu bekerja secara efisien, variabel produk yang memungkinkan pengguna mengontrol interaksi, variabel produk yang membuat pengguna senang dan nyaman dalam penuh motivasi di tempat kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-24