S, Analisis ANALISIS GREEN PRODUCT TERHADAP NILAI PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA REPURCHASE INTENTION KONSUMEN SARIAYU DI YOGYA DEPARTMENT STORE JALAN KEPATIHAN BANDUNG
Abstract
Adanya persaingan yang meninggi di industri kosmetik di Indonesia, serta dengan munculnya banyaknya produk kosmetik berbagai merek yang muncul, mengakibatkan penurunan penjualan produk PT. Martina Berto Tbk. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa adanya masalah perilaku konsumen pada proses pembelian produk. Perlu adanya upaya lebih, yang harus dilakukan perusahaan untuk mempertahankan, atau bahkan meningkatkan kunsumen. Adapun salah satu caranya adalah dengan menawarkan diferensiasi produk green product. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh green product terhadap nilai planggan dan dampaknya pada repurchase intention. Green product berpengaruh terhadap nilai pelanggan, sedang nilai pelanggan sendiri memiliki pengaruh terhadap repurchase intention. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian sendiri adalah Metode explanatory survey dengan teknik simple random sampling dengan sampel berjumlah 175 responden. Teknik analisis data yang diterapkan disini yakni regresi linier sederhana dengan alat bantu software komputer SPSS 16.0. Hasil yang diperoleh penelitian mengungkapkan bahwa green product memiliki dampak sebesar 4,1% terhadap nilai pelanggan, sedang pengaruh nilai pelanggan terhadap repurchase intention sebesar 25,1%. Dengan kata lain, secara sederhana, green product tidak berpengaruh secara langsung terhadap repurchase intention.
Kata Kunci : Green Product, Nilai Pelanggan, Repurchase Intention