Dampak Penggunaan Game Edukasi Alphabet Dan Numerik Terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas II SDN Bundua Tahun Ajaran 2022/2023

  • Mariana Sopiatun Program Studi PGSD, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Arjudin Arjudin Program Studi PGSD, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Muhammad Tahir Program Studi PGSD, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram, Indonesia

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan game eduaksi alphabet dan numerik terhadap keterampilan berhitung siswa kelas II SDN Bundua Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Bundua yang berjumlah 30 siswa. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus kolmogrov smirnov dengan taraf signifikasi 5% (0.05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas selanjutnya menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0.000 yang nilainya kurang dari 0.05 maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig. 2 tailed < 0.05 t-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Dampak Game Edukasi Alpabet Dan Numerik Terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas II SDN Bundua Tahun Ajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 5, 2022
How to Cite
SOPIATUN, Mariana; ARJUDIN, Arjudin; TAHIR, Muhammad. Dampak Penggunaan Game Edukasi Alphabet Dan Numerik Terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas II SDN Bundua Tahun Ajaran 2022/2023. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 16686-16697, dec. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/10119>. Date accessed: 02 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10119.