Analisis Pembiayaan Murabahah, Mudharabah, Dan Musyarakah Terhadap Pelaku Umkm Dalam Mendukung Industry Halal (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia KCP. Rantau Prapat)

  • Junita Sari Universtitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Tuti Anggraini Universtitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian nasional.  Namun, dengan keterbatasan modal akan menyebabkan ruang gerak UMKM semakin sempit dan menghambat pengembangan sektor usaha kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiayaan murabahah, mudharabah dan musyarakah di Bank Muamalat kcp Rantau Prapat dalam mendukung para pelaku UMKM. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan data yang digunakan yaitu dara primer. Adapun hasil penelitian, Bank Syariah terkhusus Bank Muamalat Indonesia kcp Rantau Prapat sangat penting dalam mendukung para pelaku UMKM. Dengan menawarkan banyaknya produk Bank Muamalat salah satunya produk pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja. Produk ini merupakan produk pembiayaan yang akan membantu masyarakat dalam  kebutuhan modal kerja sehingga kelancaran operasional dan rencana pengembangan usaha juga akan terjamin. Beberapa faktor yang menjadi risiko dalam pembiayaan Bank Muamalat Indonesia kcp Rantau Prapat, namun Bank ini juga mempunyai solusi tersendiri dalam mengahadapi permasalahan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 7, 2022
How to Cite
SARI, Junita; ANGGRAINI, Tuti. Analisis Pembiayaan Murabahah, Mudharabah, Dan Musyarakah Terhadap Pelaku Umkm Dalam Mendukung Industry Halal (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia KCP. Rantau Prapat). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 16355-16364, dec. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/10167>. Date accessed: 30 jan. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10167.