Y, ANALISIS ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MUTU LAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) TERHADAP KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS LAMEPAYUNG KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2009
Abstract
Pelayanan ANC di Puskesmas Lamepayung Kabupaten Kuningan cenderung kurang berhasil oleh karena rendahnya kunjungan ulang (K4). Mutu pelayanan ANC dapat dilihat dari 5 dimensi mutu yaitu; reliabilitas, assurance, empathy, responsivenes dan tangible. Pencapaian mutu ini dapat dinilai dengan parameter kepuasan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh persepsi mutu layanan antenatal care (ANC) terhadap kepuasan ibu hamil. Penelitian ini adalah studi observasional analitik yang dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 106 orang ibu hamil yang melakukan kunjungan pertama kali ke Puskesmas Lamepayung. Hasil penelitian menunjukkan mayotitas responden (87,7%) berusia 20 – 35 tahun, (61,3%) pendidikan SMA, (76,4 %) tidak bekerja, mempunyai status sosial keluarga sejahtera 1 (90,6 %). Mayoritas responden (52,38 %) mempunyai tingkat kepuasan baik.Persepsi mutu pada dimensi reliability baik (55,66 %), responsiveness baik (44,34 %), assurance baik (49,06 %), empathy baik (45,28 %) dan tangible baik (52,83 %). Ada hubungan antara tingkat kepuasan dengan reliability (p = 0,001), responsiveness (p = 0,005), assurance (p = 0,010), empathy (p = 0,022) dan tangible (p = 0,007). Ditemukan 4 variabel dimensi mutu yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan yaitu variabel reliability (p = 0,009), assurance (p = 0,008), empathy (p = 0,016) dan tangible (p = 0,006). Disarankan kepada Puskesmas untuk meningkatkan mutu pada dimensi reliability: perlakuan bidan dalam pengambilan sampel darah untuk pemeriksan Hb, agar dilakukan sesuai prosedur dan dilakukan pada setiap ibu hamil. Pada dimensi responsiveness petugas sebaiknya melakukan pelayanan segera agar ibu hamil tidak menunggu lama.
Kata Kunci: Pelayanan ANC, Mutu, Kepuasan, Ibu Hamil, Puskesmas