Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Kebun Binatang Simalingkar Medan

  • Putri Mawarda Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan
  • Tri Utari Ismayuni Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan
Keywords: Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan Pengunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata Kebun Binatang Simalingkar Medan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 28.650 pengunjung yang terhitung dari Juni 2022 s/d Agustus 2022. Dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 pengunjung dengan teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, sedangkan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata Kebun Binatang Simalingkar Medan. sementara fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata Kebun Binatang Simalingkar Medan. Sedangkan pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada objek wisata Kebun Binatang Simalingkar Medan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-20