Penerapan Peraturan Berbahasa Arab dan Inggris terhadap Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Al-Yusriyah
Abstract
Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris santri Pondok Pesantren Al-Yusriyah memiliki sistem peraturan berbahasa. Para santri dididik dan diwajibkan berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dan Inggris.. Namun pada kenyataanya masih ada beberapa santri yang bahasa Arab dan Inggrisnya masih lemah dan tertinggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan peraturan berbahasa Arab dan Inggris serta mengetahui hasil penerapan peraturan berbahasa Arab dan Inggris terhadap motivasi belajar santri Pondok Pesantren Al-Yusriyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya adalah ketua bidang bahasa, guru bahasa Arab, musyrif asrama, pengurus OSPA bagian bahasa, mudabbir asrama, dan santri Pondok Pesantren Al-Yusriyah. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan peraturan berbahasa Arab dan Inggris di Pondok Pesantren Al-Yusriyah sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya peraturan berbahasa Arab dan Inggris membuat motivasi belajar santri meningkat sehingga kemampuan bahasa santri terus meningkat, dengan hal itu santri menjadi lebih cepat memahami pelajaran di kelas dan prestasi santri meningkat, serta mampu memenangkan berbagai perlombaan bahasa Arab dan Inggris.
Downloads
References
Arif, M., & Musgamy, A. (2021). Pengembangan Motivasi Belajar Bahasa Arab: Studi Analisis Teori Motivasi Pembelajaran. A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 10(2), 326–334. https://doi.org/10.31314/ajamiy.10.2.326-334.2021. Google Scholar
Asnawi, A. (2016). Pesantren dan Pemberdayaan Masyarakat. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 11(2), 1–24. Google Scholar
Baharuddin, I. (2014). Pesantren dan Bahasa Arab. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab, 1(1). https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v1i01.253. Google Scholar
Halim, A. (2022). Pesantren dan Metode Pembelajaran Kitab Al-Miftah lil Ulum Sidogiri (Studi Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Al-Nahdlah Islamic Boarding School Depok). Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Google Scholar
Herawati, F., & Yani, M. T. (2014). Strategi Pembinaan Kemandirian dan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Darul Ibadah Al Baiad Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(2), 1012–1030. Google Scholar
Mansur Syafi, F. (2019). Penerapan Peraturan Berbahasa Arab dan Inggris terhadap Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia. Google Scholar
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42–52. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985. Google Scholar
Rochmat, C. S., Tryawan, A., & Cahya, C. C. (2022). Analisis Kegiatan Penunjang Materi Pendidikan Agama Islam menggunakan Pengantar Bahasa Arab dan Inggris (Studi Kasus Pengalaman di Pondok Modern Baitussalam). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Google Scholar
Shaleh, M. (2022). Pengaruh Kemampuan Berbahasa Asing (Arab-Inggris) Tehadap Prestasi Belajar Siswa (Study Kasus Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pondok Di Pondok Pesantren Daar El-Qolam Ii). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta …. Google Scholar
Solkan, A. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI Miftahul Falah Jakenan Pati. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 183–196. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-06. Google Scholar
Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren, madrasah, sekolah: pendidikan Islam dalam kurun moderen. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial. Google Scholar
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Google Scholar
Sumardi, K. (2012). Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 280–292. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1246. Google Scholar
Yostiroh, S., & Kurniawan, R. R. (2022). Urgensi Bahasa Arab Dalam Memahami Al-quran. OSF Preprints. Google Scholar
Zainal, N. E. (2020). Urjensi Bahasa Arab. OSF Preprints.
Copyright (c) 2022 Iman Hanafi Harahap, Akmal Walad Ahkas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.