Penerapan Peraturan Berbahasa Arab dan Inggris terhadap Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Al-Yusriyah

  • Iman Hanafi Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Akmal Walad Ahkas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
Keywords: Peraturan Berbahasa, Motivasi Belajar, Santri

Abstract

Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris santri Pondok Pesantren Al-Yusriyah memiliki sistem peraturan berbahasa. Para santri dididik dan diwajibkan berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dan Inggris.. Namun pada kenyataanya masih ada beberapa santri yang bahasa Arab dan Inggrisnya masih lemah dan tertinggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan peraturan berbahasa Arab dan Inggris serta mengetahui hasil penerapan peraturan berbahasa Arab dan Inggris terhadap motivasi belajar santri Pondok Pesantren Al-Yusriyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya adalah ketua bidang bahasa, guru bahasa Arab, musyrif asrama, pengurus OSPA bagian bahasa, mudabbir asrama, dan santri Pondok Pesantren Al-Yusriyah. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan peraturan berbahasa Arab dan Inggris di Pondok Pesantren Al-Yusriyah sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya peraturan berbahasa Arab dan Inggris membuat motivasi belajar santri meningkat sehingga kemampuan bahasa santri terus meningkat, dengan hal itu santri menjadi lebih cepat memahami pelajaran di kelas dan prestasi santri meningkat, serta mampu memenangkan berbagai perlombaan bahasa Arab dan Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albantani, A. M. (2018). Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Ide Terobosan. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 160–173. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.417. Google Scholar

Arif, M., & Musgamy, A. (2021). Pengembangan Motivasi Belajar Bahasa Arab: Studi Analisis Teori Motivasi Pembelajaran. A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 10(2), 326–334. https://doi.org/10.31314/ajamiy.10.2.326-334.2021. Google Scholar

Asnawi, A. (2016). Pesantren dan Pemberdayaan Masyarakat. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 11(2), 1–24. Google Scholar

Baharuddin, I. (2014). Pesantren dan Bahasa Arab. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab, 1(1). https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v1i01.253. Google Scholar

Halim, A. (2022). Pesantren dan Metode Pembelajaran Kitab Al-Miftah lil Ulum Sidogiri (Studi Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Al-Nahdlah Islamic Boarding School Depok). Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Google Scholar

Herawati, F., & Yani, M. T. (2014). Strategi Pembinaan Kemandirian dan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Darul Ibadah Al Baiad Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(2), 1012–1030. Google Scholar

Mansur Syafi, F. (2019). Penerapan Peraturan Berbahasa Arab dan Inggris terhadap Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia. Google Scholar

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42–52. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985. Google Scholar

Rochmat, C. S., Tryawan, A., & Cahya, C. C. (2022). Analisis Kegiatan Penunjang Materi Pendidikan Agama Islam menggunakan Pengantar Bahasa Arab dan Inggris (Studi Kasus Pengalaman di Pondok Modern Baitussalam). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Google Scholar

Shaleh, M. (2022). Pengaruh Kemampuan Berbahasa Asing (Arab-Inggris) Tehadap Prestasi Belajar Siswa (Study Kasus Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pondok Di Pondok Pesantren Daar El-Qolam Ii). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta …. Google Scholar

Solkan, A. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI Miftahul Falah Jakenan Pati. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 183–196. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-06. Google Scholar

Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren, madrasah, sekolah: pendidikan Islam dalam kurun moderen. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial. Google Scholar

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Google Scholar

Sumardi, K. (2012). Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 280–292. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1246. Google Scholar

Yostiroh, S., & Kurniawan, R. R. (2022). Urgensi Bahasa Arab Dalam Memahami Al-quran. OSF Preprints. Google Scholar

Zainal, N. E. (2020). Urjensi Bahasa Arab. OSF Preprints.
Published
2022-12-12