Pengaruh Motivasi, Kompetensi Profesional Dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru di Moderasi oleh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Motivasi, Kompetensi Profesional dan kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru di Moderasi Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru SMK Muhammadiyah di kabupaten Pemalang yang dipilih melalui model Non Probability Sample, data diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan Moderation Regression Analisys (MRA) tipe quasi moderator. Dari proses analisis dan uji data diperoleh bukti empiris tentang hasil penelitian bahwa: (1) Motivasi guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (2) Kompetensi profesional guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (3) Kecerdasan emosinal guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (4) Kepemimpinan transformasional tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru, (5) Kepemimpunan transformasional dapat memoderasi hubungan Motivasi guru dengan kinerja guru, (6) Kepemimpunan transformasional dapat memoderasi hubungan Motivasi guru dengan kinerja guru, (7) Kepemimpunan transformasional tidak dapat memoderasi hubungan kecerdasan emosional guru dengan kinerja guru.
Downloads
References
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(2), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11.
Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173–194.
Efendi, K. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru Di Sma Persiapan Stabat Kabupaten Langkat. Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 156–162. https://doi.org/10.30743/jmb.v2i2.2900.
Goleman, D., Boyatzis, R. E., & McKee, A. (2013). Primal leadership: Unleashing the power of emotional intelligence. Harvard Business Press.
Gunawan, I. G. D., Paramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1, 15–30. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.34.
Hasibuan, M. S. P., & Hasibuan, H. M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Julita, S., Herawaty, D., & Gusri, S. A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, dan Self Efficacy terhadap Kinerja Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(1), 31–34. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss1pp31-34.
Mahmud, H., Yusuf, M., & Mas’ud, L. P. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Guru untuk Menggunakan E-Learning pada Masa Covid 19 Jurusan Teknik Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 2(2), 45–54. https://doi.org/10.24256/jtlr.v2i2.1995.
Megawati, M. (2021). Pengaruh Motivasi, Budaya dan Kemampuan terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Makassar. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 202–225. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.367.
Oktaviani, N. K. W., & Putra, M. (2021). Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 294–302. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.35146.
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. Sukabumi: CV. Jejak (Jejak Publisher).
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456.
Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Refika Aditama Eresco.
Suhaeb, M. I., & Hanisah, H. (2021). Pengaruh Profesionalisme, Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SD Negeri di Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. YUME: Journal of Management, 4(2), 267–279. https://doi.org/10.2568/yum.v4i2.991.
Copyright (c) 2022 Jacobus Widiatmoko, Rofiqul A’la
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.