Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-LKPD menggunakan Aplikasi Liveworksheet pada Mata Pelajaran IPA SMP

  • Nurjannah Nurjannah Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Rahmi Susanti Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Riswan Jaenudin Universitas Sriwijaya, Indonesia
Keywords: E- LKPD, Liveworksheet, IPA

Abstract

Pembelajaran IPA tidak hanya sekedar mengetahui konsep IPA saja akan tetapi merupakan ilmu yang didalamnya terdapat keterampilan yang dapat dikembangkan dengan mempergunakan bahan ajar yang dapat menarik minta siswa untuk belajar dan memahami konsep serta menerapkan keterampilan dengan LKPD. Maka penelitian ini bertujuan sebagai studi awal untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap E-LKPD dengan aplikasi liveworksheet. Data dikumpulkan melalaui angket, wawancara dan observasi langsung kepada siswa. Data dianalisis secara deskriptif. Dari analisis data tersebut diperoleh hasil sebesar 53,33% siswa membutuhkan media E-LKPD dan sebanyak 33,33% siswa membutuhkan materi pendukung dalam E-LKPD tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atep, S., & Wahyu, S. (2020). Model - model Pembelajaran Inovatif Tori dan Implementasi. PT. Raja Grfindo Persada. Google Scholar

Deviana, M., Subekti, E. E., & Kuswandari, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Pembelajaran Tema 9 Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint bagi Siswa Kelas V SDN 2 Tanggung. Jurnal Paedagogy, 8(3), 345. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3891. Google Scholar

Farman. (2021). Journal of Mathematics Education Development of E-LKPD Using Live Worksheets for Online Mathematics Learning during Covid-19. Vol. 6, No, 37–42. Google Scholar

Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526. Google Scholar

Fitriasari, D. N. M., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 510–522. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522. Google Scholar

Hidayat. (2021). Pengembangan Kurikulum Baru. PT. Remaja Rosda Karya. Google Scholar

Kurniawati, E. E., Sumarti, S. S., & Nuswowati, M. (2021). Pengaruh Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship berbantuan E-LKPD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Wirausaha. Chemistry in Education, 10(2252), 315–321. Google Scholar

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. Google Scholar

Mispa, R., Prahatama Putra, A., & Zaini, M. (2022). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2134–2145. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i1.478. Google Scholar

Pratiwi, D. E., & Yuliani. (2021). Pengembangan e-LKPD Berorientasi Learning Cycle 7E pada Sub-materi Perkecambahan Biji untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 541–553. Google Scholar

Rahmatillah, R., Halim, A., & Hasan, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Aktivitas Pada Materi Koloid (Development of Student Worksheets Based on Science Process Skills on Activities on Colloidal Materials). Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 121–130. Google Scholar

Risdyanti, D., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran IPA Dalam Mengimplemetasikan Kurikulum 2013 Dengan Sistem Kredit Semester (SKS) Kelas VII SMP Negeri 3 Malang. JKTP, 2(1). Google Scholar

Safitri, W., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan. Saintifika, 24(1), 30–41. Google Scholar

Santiawati, Yasir, M., Hidayati, Y., & Hadi, W. P. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 2 Burneh. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(3), 222–230. Google Scholar

Solé-Llussà, A., Aguilar, D., & Ibáñez, M. (2020). Video-worked examples to support the development of elementary students’ science process skills: a case study in an inquiry activity on electrical circuits. In Research in Science and Technological Education (Issue c). https://doi.org/10.1080/02635143.2020.1786361. Google Scholar

Suparman, A, M. (2018). Desain Instruksional Modern. Erlangga. Google Scholar

Widiyanti, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD menggunakan live worksheet pada materi bangun datar kelas IV sekolah dasar. Eprints UMM, 20. Google Scholar

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). fektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. Google Scholar
Published
2022-12-16