Perilaku Generasi Z dalam Berinvestasi di Cryptocurrency: Kajian Konseptual Filsafat Ilmu dengan Perspektif Perilaku Konsumen

  • Cheryl Marlitta Stefia Univeristas Kristen Duta Wacana
  • Mugi Harsono Universitas Sebelas Maret Surakarta
Keywords: Perspektif Epistemik, Behavioral Influence, Perilaku Konsumen

Abstract

Dalam pemaparan paper ini ditujukkan untuk mengkaji secara konseptual filsafat ilmu dengan perspektif perilaku Generasi Z dalam memutuskan untuk berinvestasi di pasar cryptocurrency. Dengan menjelaskan perilaku investasi dari sisi teoritis filsafat ilmu diharapkan dapat memperkaya pandangan dari berbagai perspektif dan memberikan analisis yang lebih strategis dalam memandang perilaku investasi dari sisi perilaku konsumen. Berbagai keragaman perspektif akan menghasilkan analisis dan argumen yang beragam pada perilaku konsumen terkhususnya Generasi Z. Perspektif yang digunakan untuk menganalisis fenomena ini adalah perilaku konsumen dalam berinvestasi dengan pengujian model perilaku konsumen dalam berinvestasi merupakan fungsi dari perspektif epistemik dan Behavioral Influence Perspective.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ady, S. U. (2017). Analisis Fundamental, suku bunga, dan Overconfidence terhadap pengambilan keputusan investasi pada investor di Surabaya. Ekspektra: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 138–155. Google Scholar

Bruwer, J., Fong, M., & Saliba, A. (2013). Perceived risk, risk-reduction strategies (RRS) and consumption occasions: roles in the wine consumer’s purchase decision. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 25(3), 369–390. https://doi.org/10.1108/APJML-06-2012-0048. Google Scholar

Chen, Y.-F. (2008). Herd behavior in purchasing books online. Computers in Human Behavior, 24(5), 1977–1992. https://doi.org/10.1016/j.chb.2007.08.004. Google Scholar

EM Steenkamp, J.-B., Batra, R., & Alden, D. L. (2003). How perceived brand globalness creates brand value. Journal of International Business Studies, 34(1), 53–65. https://doi.org/10.1057/palgrave.jibs.8400002. Google Scholar

Erdem, T., & Swait, J. (2004). Brand credibility, brand consideration, and choice. Journal of Consumer Research, 31(1), 191–198. https://doi.org/10.1086/383434. Google Scholar

Freeman, W. T. (1994). The generic viewpoint assumption in a framework for visual perception. Nature, 368(6471), 542–545. https://doi.org/10.1038/368542a0. Google Scholar

Frijns, B., & Huynh, T. D. (2018). Herding in analysts’ recommendations: The role of media. Journal of Banking & Finance, 91, 1–18. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2018.03.010. Google Scholar

George, M. W. (2008). The elements of library research. Princeton University Press. Google Scholar

Hutter, K., Hautz, J., Dennhardt, S., & Füller, J. (2013). The impact of user interactions in social media on brand awareness and purchase intention: the case of MINI on Facebook. Journal of Product & Brand Management, 22(6), 342–351. https://doi.org/10.1108/JPBM-05-2013-0299. Google Scholar

Merawati, L. K., & Putra, I. (2015). Kemampuan pelatihan pasar modal memoderasi pengaruh pengetahuan investasi dan penghasilan pada minat berinvestasi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2), 105–118. Google Scholar

Nofsinger, J. R. (2016). The Psychology of Investing. The Psychology of Investing. The Psychology of Investing. https://doi.org/10.4324/9781315506579. Google Scholar

Pompian, M. M., & Wood, A. S. (2006). Behavioral Finance and Wealth Management: How to Build Optimal Portfolios for Private Clients. New Jersey: John Wiley and Sons, Inc. Retrieved from http://library …. Google Scholar

Ramadhan, A. F., & Simanjuntak, M. (2018). Perilaku pembelian hedonis generasi z: promosi pemasaran, kelompok acuan, dan konsep diri. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(3), 243–254. Google Scholar

Robison, L. J., Shupp, R. S., & Myers, R. J. (2010). Expected utility paradoxes. The Journal of Socio-Economics, 39(2), 187–193. https://doi.org/10.1016/j.socec.2009.12.005. Google Scholar

Schroer, W. J. (2008). Generations X, Y, Z and the others. The Journal of the Household Goods Forwarders Association of America, Inc, 40, 9–11. Google Scholar

Shahraki, S. Z., Hosseini, A., Sauri, D., & Hussaini, F. (2020). Fringe more than context: Perceived quality of life in informal settlements in a developing country: The case of Kabul, Afghanistan. Sustainable Cities and Society, 63, 102494. https://doi.org/10.1016/j.scs.2020.102494. Google Scholar
Published
2022-12-17