Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syari’ah Indonesia di Tanjungpinang

  • Hartoto Hartoto Dosen Ekonomi Syariah, STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
Keywords: Kualitas Pelayanan, (Responsiveness, Assurance, Tangible, Emphaty, Reliability), dan Kepuasan Nasabah

Abstract

Pembangunan ekonomi syariah telah terintegrasi ke dalam kerangka kebijakan ekonomi Indonesia. Bank Indonesia sebagai otoritas perbankan telah menetapkan perbankan syariah sebagai salah satu pilar dual banking system dan mendorong bank syariah untuk memperluas pangsa pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia (BSI) di Tanjungpinang. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi tentang pengaruh kualitas layanan yang biasa dikenal dengan istilah “RATER†(responsiveness, assurance, tangible, emphaty, dan reliability) terhadap kepuasan nasabah BSI di Tanjungpinang. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara memberikan pertanyaan (kuisioner) kepada 130 responden nasabah pada BSI di Tanjungpinang, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas layanan (responsiveness, assurance, tangible, emphaty,danreliability) secara sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan pembuktiaan rata-rata probabilitas dimensi kurang dari 0,05. Hal ini berarti kualitas layanan BSI di Tanjungpinang sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang menyebabkan nasabah menjadi loyal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, D., & Salisah, F. N. (2016). Analisis kualitas layanan e-commerce terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode e-servqual (studi kasus: Lejel home shopping pekanbaru). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.24014/rmsi.v2i1.1784. Google Scholar

Engkur, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 15(01), 23–35. https://doi.org/10.36406/jam.v15i01.142. Google Scholar

Eva Sundari, S. E., & MM, C. (2021). Dinamika Citra dan Pelayanan Bank terhadap Loyalitas Nasabah dalam Tinjauan Islam. Penerbit Adab. Google Scholar

Fasa, M. I. (2013). Tantangan dan strategi perkembangan perbankan syariah di indonesia. Islamic Economics Journal, 2(1), 19–40. https://doi.org/10.21111/iej.v2i1.163. Google Scholar

Ghozali, I. (2011). Application of multivariate analysis with SPSS program. Semarang: Diponegoro University. Google Scholar

Hastono, A. (2009). Nilai-nilai Islam pada budaya organisasi bank syariah mandiri pusat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2009. Google Scholar

Hidayat, R. (2009). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan nilai nasabah terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 59–72. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp.%2059-72. Google Scholar

Ikhwan, A. (2014). Konsepsi Ekonomi Islam untuk Pembangunan Ekonomi Negara. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam, 1(1), 35–41. Google Scholar

Irawan, M. (2018). Politik Hukum Ekonomi Syariah Dalam Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia. Jurnal Media Hukum, 25(1), 10–21. https://doi.org/10.18196/jmh.2018.0097.10-21. Google Scholar

Labetubun, M. A. H. (2012). Kompetensi Pengadilan Agama Terhadap Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah Berdasarkan Hukum Islam. Sasi, 18(1), 56–62. Google Scholar

Machmud, A., Hardani, W., Hayati, Y. S., & Sallama, N. I. (2010). Bank Syariah: teori, kebijakan dan studi empiris di Indonesia. Google Scholar

Santoso, S. (2003). Statistik Non Parametrik (Buku Latihan SPSS). PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Google Scholar

Sugandi, L. (2014). Pengaruh Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Pelayanan dalam Proses Belajar Mengajar. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 939–953. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2339. Google Scholar

Sujarwo, S. (2010). Pengaruh Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Britama pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Semarang Pandanaran. Diponegoro University. Google Scholar

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Google Scholar
Published
2022-12-17