Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syari’ah Indonesia di Tanjungpinang
Abstract
Pembangunan ekonomi syariah telah terintegrasi ke dalam kerangka kebijakan ekonomi Indonesia. Bank Indonesia sebagai otoritas perbankan telah menetapkan perbankan syariah sebagai salah satu pilar dual banking system dan mendorong bank syariah untuk memperluas pangsa pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia (BSI) di Tanjungpinang. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi tentang pengaruh kualitas layanan yang biasa dikenal dengan istilah “RATER†(responsiveness, assurance, tangible, emphaty, dan reliability) terhadap kepuasan nasabah BSI di Tanjungpinang. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara memberikan pertanyaan (kuisioner) kepada 130 responden nasabah pada BSI di Tanjungpinang, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas layanan (responsiveness, assurance, tangible, emphaty,danreliability) secara sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan pembuktiaan rata-rata probabilitas dimensi kurang dari 0,05. Hal ini berarti kualitas layanan BSI di Tanjungpinang sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang menyebabkan nasabah menjadi loyal.
Downloads
References
Engkur, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 15(01), 23–35. https://doi.org/10.36406/jam.v15i01.142. Google Scholar
Eva Sundari, S. E., & MM, C. (2021). Dinamika Citra dan Pelayanan Bank terhadap Loyalitas Nasabah dalam Tinjauan Islam. Penerbit Adab. Google Scholar
Fasa, M. I. (2013). Tantangan dan strategi perkembangan perbankan syariah di indonesia. Islamic Economics Journal, 2(1), 19–40. https://doi.org/10.21111/iej.v2i1.163. Google Scholar
Ghozali, I. (2011). Application of multivariate analysis with SPSS program. Semarang: Diponegoro University. Google Scholar
Hastono, A. (2009). Nilai-nilai Islam pada budaya organisasi bank syariah mandiri pusat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2009. Google Scholar
Hidayat, R. (2009). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan nilai nasabah terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 59–72. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp.%2059-72. Google Scholar
Ikhwan, A. (2014). Konsepsi Ekonomi Islam untuk Pembangunan Ekonomi Negara. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam, 1(1), 35–41. Google Scholar
Irawan, M. (2018). Politik Hukum Ekonomi Syariah Dalam Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia. Jurnal Media Hukum, 25(1), 10–21. https://doi.org/10.18196/jmh.2018.0097.10-21. Google Scholar
Labetubun, M. A. H. (2012). Kompetensi Pengadilan Agama Terhadap Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah Berdasarkan Hukum Islam. Sasi, 18(1), 56–62. Google Scholar
Machmud, A., Hardani, W., Hayati, Y. S., & Sallama, N. I. (2010). Bank Syariah: teori, kebijakan dan studi empiris di Indonesia. Google Scholar
Santoso, S. (2003). Statistik Non Parametrik (Buku Latihan SPSS). PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Google Scholar
Sugandi, L. (2014). Pengaruh Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Pelayanan dalam Proses Belajar Mengajar. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 939–953. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2339. Google Scholar
Sujarwo, S. (2010). Pengaruh Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Britama pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Semarang Pandanaran. Diponegoro University. Google Scholar
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Google Scholar
Copyright (c) 2022 Hartoto Hartoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.