Determinan Kepuasan Pasien Poli Gigi di Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19: Systematic Review

  • Lisa Ubai Sulistiani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia
  • Pujiyanto Pujiyanto Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai sektor mengalami gangguan, salah satunya sektor pelayanan kesehatan gigi dan mulut.  Kekhawatiran masyarakat maupun dokter gigi akan tertular virus di puskesmas, rumah sakit dan perjalanan ke rumah sakit ataupun klinik untuk mendapatkan perawatan gigi menyebabkan mutu pelayanan di poli gigi menjadi rendah sehingga berdampak pada kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan kepuasan pasien poli gigi di Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19. Data penelitian ini diperoleh dari telaah beberapa jurnal penelitian. Penyaringan data pada penelitian ini menggunakan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews (PRISMA). Temuan penelitian didapatkan bahwa hasil beberapa penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien poligigi di Indonesia pada masa pandemi COVID-19 adalah bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 19, 2022
How to Cite
SULISTIANI, Lisa Ubai; PUJIYANTO, Pujiyanto. Determinan Kepuasan Pasien Poli Gigi di Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19: Systematic Review. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 16799-16818, dec. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/10381>. Date accessed: 03 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10381.