Determinan Kepuasan Pasien Poli Gigi di Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19: Systematic Review

  • Lisa Ubai Sulistiani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia
  • Pujiyanto Pujiyanto Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia
Keywords: Kepuasan Pasien, Poli Gigi, Pandemi COVID-19

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai sektor mengalami gangguan, salah satunya sektor pelayanan kesehatan gigi dan mulut.  Kekhawatiran masyarakat maupun dokter gigi akan tertular virus di puskesmas, rumah sakit dan perjalanan ke rumah sakit ataupun klinik untuk mendapatkan perawatan gigi menyebabkan mutu pelayanan di poli gigi menjadi rendah sehingga berdampak pada kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan kepuasan pasien poli gigi di Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19. Data penelitian ini diperoleh dari telaah beberapa jurnal penelitian. Penyaringan data pada penelitian ini menggunakan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews (PRISMA). Temuan penelitian didapatkan bahwa hasil beberapa penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien poligigi di Indonesia pada masa pandemi COVID-19 adalah bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, H., Tanumihardja, M., & Ramadhany, Y. F. (2020). Teledentistry as a solution in dentistry during the covid-19 pandemic period: A systematic review. International Journal of Pharmaceutical Research, 12(1), 272–278. Google Scholar

Allison, J. R., Bowes, C., Kozhevnikova, E., Jakubovics, N., Currie, C. C., Coulter, J., Durham, J., Rostami, N., Edwards, D. C., Pickering, K., Nile, C. J., & Holliday, R. (2021). Evaluating aerosol and splatter following dental procedures: Addressing new challenges for oral health care and rehabilitation. J Oral Rehabil., 48(1), 61–72. Google Scholar

Farahanny, W., Andryas, I., Octavia, R., & Hanafiah, O. A. (2020). Mobile dental clinic revitalization to improve oral health services in the covid-19 pandemic era at Sambirejo District Community Health Center, Kabupaten Langkat. Jurnal Abdimas Talenta, 5(2), 350–360. Google Scholar

Ghai, S. (2020). Teledentistry during COVID-19 pandemic. 14(5), 933–935. Google Scholar

Grimley, N., Cornish, J., & Stylianou, N. (2022). Covid: Jumlah kematian tak langsung, Indonesia tertinggi ketiga, di bawah India dan Rusia. BBC News Indonesia.

Kemenkes. (2021a). Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes. (2021b). Petunjuk Teknis Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mahzalina, Amperawati, M., & Sari, E. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan kepuasan Pasien Saat Pandemi Covis-19 di Poli Gigi Puskesmas Guntung Manggis Kota Banjar Baru. Jurnal Keperawatan Gigi, 1(2), 1–5. Google Scholar

Mardelita, S., Sukendro, S. J., & Karmawati, I. A. (2018). Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut Individu. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Indonesia. Google Scholar

Marliny, L. (2021). Analisis pelaksanaan pelayanan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di masa pandemi COVID-19 di Wilayah Agam Bagian Timur Tahun 2021. Human Care Journal, 6(3), 541–550. https://doi.org/10.32883/hcj.v6i3.1389. Google Scholar

Pasya, M. F. F., Muthiah, N., & Asfirizal, V. (2022). Tingkat Kepuasan Pelayanan Di Poliklinik Gigi dan Mulut RSDU DR. Kanujoso Djatiwibowo Berbasis Model Servqual Pada Masa Pandemi Covid-19. Mulawarman Dental Journal, 2(2), 78–85. Google Scholar

Putranti, A. (2016). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Perawatan Gigi di Klinik Gigi My Dental Care Surabaya. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, VII(4), 201–207. Google Scholar

Raharja, Y. D., Kusumadewi, S., & Astiti, D. P. (2018). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Rumah Sakit Umum Puri Raharja. ODONTO : Dental Journal, 5(1), 34. https://doi.org/10.30659/odj.5.1.34-44. Google Scholar

WHO. (2020). Guidance for Dental Settings: Centres for Disease Control and Prevention [database on the Internet. cdc.gov

Yosa, A., & Wahyuni, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kunjungan Pelayanan Gigi Di Puskesmas Way Laga Kota Bandar Lampung. Jurnal Analis Kesehat Volume 4, No. 2 September 2015, 4(2), 420–426. Google Scholar
Published
2022-12-19