Evaluasi Sistem E-Learning di Universitas Nasional menggunakan Cobit 2019

  • Yudhi Septianto Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB, Indonesia
  • Irman Hermadi Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB, Indonesia
  • Sri Wahjuni Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB, Indonesia
Keywords: Capability Level, E-Learning, Framework Cobit 2019, Pengukuran Tingkat Kapabilitas

Abstract

Universitas Nasional (UNAS) menerapkan metode pembelajaran e-learning atau biasa disebut dengan blended learning guna merespon dan siap menyongsong era digital 4.0 dan 5.0. Metode belajar ini memadukan pertemuan tatap muka dengan pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi digital. Pengukuran kinerja dapat diartikan sebagai penilaian mutu dari kemampuan kerja demi mengetahui seberapa jauh capaian yang diharapkan telah terpenuhi, penilaian tersebut tidak terlepas dari proses pengolahan masukan menjadi keluaran dengan memanfaatkan data internal. Saat ini teknik yang digunakan yaitu teknik desain factor yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholder drivers and needs) dan menerjemahkan tujuan perusahaan (enterprise goals) menjadi prioritas untuk tujuan penyelarasan teknologi informasi terkait (alignment goals) serta memperoleh domain proses yang di gunakan dalam pembuatan kuesioner. Pengukuran tingkat kemampuan (capability level) untuk mengetahui sejauh mana kinerja e-learning Universitas Nasional saat ini, mengukur tingkat kematangan kinerja pembelajaran e-learning yang mengacu kepada standar framework COBIT 2019, serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kapabilitas (capability level) terhadap sistem pembelajaran e-learning di Universitas Nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prastyo, Novian Yudha, & Yoto, Yoto. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektifitas Pembelajaran Dengan Sistem Blok Matakuliah Praktikum Pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin, 24(2). Google Scholar

Priyatman, Hendro, Saleh, Muhammad, Sujaini, Herry, Yusuf, Ismail, Aryanto, Budi, Anshari, Muhammad Rezy, Darmawan, Heri, & Ulfa, Ulfa. (n.d.). Audit Teknologi Informasi di Yayasan Baitul Maal PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 8(2), 317–327. Google Scholar

Ria, Marinda Desy, & Budiman, Arief. (2021). Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 122–133. Google Scholar

Suhartono, Didit, & Isnaini, Khairunnisak Nur. (2021). Strategi Recovery Plan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Menggunakan Framework NIST SP 800-34. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 261–272. Google Scholar

Zulfitria, Zulfitria, Ansharullah, Ansharullah, & Fadhillah, Rastia. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1). Google Scholar
Published
2024-05-30