Evaluasi Sistem E-Learning di Universitas Nasional menggunakan Cobit 2019
Abstract
Universitas Nasional (UNAS) menerapkan metode pembelajaran e-learning atau biasa disebut dengan blended learning guna merespon dan siap menyongsong era digital 4.0 dan 5.0. Metode belajar ini memadukan pertemuan tatap muka dengan pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi digital. Pengukuran kinerja dapat diartikan sebagai penilaian mutu dari kemampuan kerja demi mengetahui seberapa jauh capaian yang diharapkan telah terpenuhi, penilaian tersebut tidak terlepas dari proses pengolahan masukan menjadi keluaran dengan memanfaatkan data internal. Saat ini teknik yang digunakan yaitu teknik desain factor yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholder drivers and needs) dan menerjemahkan tujuan perusahaan (enterprise goals) menjadi prioritas untuk tujuan penyelarasan teknologi informasi terkait (alignment goals) serta memperoleh domain proses yang di gunakan dalam pembuatan kuesioner. Pengukuran tingkat kemampuan (capability level) untuk mengetahui sejauh mana kinerja e-learning Universitas Nasional saat ini, mengukur tingkat kematangan kinerja pembelajaran e-learning yang mengacu kepada standar framework COBIT 2019, serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kapabilitas (capability level) terhadap sistem pembelajaran e-learning di Universitas Nasional.
Downloads
References
Priyatman, Hendro, Saleh, Muhammad, Sujaini, Herry, Yusuf, Ismail, Aryanto, Budi, Anshari, Muhammad Rezy, Darmawan, Heri, & Ulfa, Ulfa. (n.d.). Audit Teknologi Informasi di Yayasan Baitul Maal PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 8(2), 317–327. Google Scholar
Ria, Marinda Desy, & Budiman, Arief. (2021). Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 122–133. Google Scholar
Suhartono, Didit, & Isnaini, Khairunnisak Nur. (2021). Strategi Recovery Plan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Menggunakan Framework NIST SP 800-34. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 261–272. Google Scholar
Zulfitria, Zulfitria, Ansharullah, Ansharullah, & Fadhillah, Rastia. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1). Google Scholar
Copyright (c) 2022 Yudhi Septianto, Irman Hermadi, Sri Wahjuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.