Kebijakan Pemanfaatan Dana Kelurahan dalam Meningkatkan Kegiatan Pemberdayaan Kelurahan

  • Eka Nurulia Shinta Dewi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
  • Sri Trisnaningsih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
Keywords: Pengelolaan, Dana Kelurahan, Pemberdayaan

Abstract

Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan digunakan sebagai bentuk pelayanan sosial dasar yang memiliki dampak secara lansung terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat diperlukan suatu program pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat. Dukungan pendanaan untuk kelurahan dari alokasi APBD dan Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan diharapkan mampu memenuhi pendanaan kelurahan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan alokasi anggaran kelurahan untuk pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Sidoharjo, dengan berdasarkan pendekatan manajemen oleh George R. Terry. Dalam proses penelitian ini, menggunakan metode deskriptif dan pendekatan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dimensi perencanaan, Pelaksanaan, Pengorganisasian, Pengawasan di Kelurahan Sidoharjo dalam menyusun dan membuat rencana kerjanya cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya rencana kerja yang telah dibuat oleh Perangkat Kelurahan dan melibatkan Lembaga dan Tokoh Masyrakat melalui Muskel. Pada tahap pengorganisasian terdapat lembaga yang dibentuk oleh Perangkat Kelurahan. Pada tahap pelaksanaan beberapa program kegiatan belum terlaksana sesuai dengan RKA diakibatkan adanya pandemic covid-19 sehingga program yang terdapat pada RKA dirubah dengan kegiatan penanganan covid-19. Penggunaan alokasi anggaran kelurahan juga belum sesuai dengan RKA, semula anggaran kegiatan dialokasikan pada program kegiatan usulan dari Lembaga dan pokmas, setelah terjadi perubahan, anggaran dialokasikan pada kegiatan posko penanganan covid-19. Walaupun begitu masyarakat tetap dapat merasakan manfaat langsung dari adanya program pemberdayaan masyarakat. Pada tahap pengawasan dilakukan oleh KPA, BPPn, inspektorat, PPK unit SKPD, PPTK dan pengawasan dari masyarakat. Terdapat Laporan setiap program dan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat berupa LPJ, dan terdapat evaluasi atas program kegiatan yang sudah terlaksana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfianto, A. E. W., & Balahmar, A. R. U. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Ekonomi Desa. Jkmp (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 2(1), 53-66.
Asmawati, I., Basuki, P., & Riva’i, A. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Pada Desa Dore Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima). E-Jurnal Akuntansi, 25, 2379.
Assa, C. M., Lapian, M., & Singkoh, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Dana Kelurahan Dalam Pembangunan Sarana Dan Prasarana Di Kelurahan Sendangan Kecamatan Kawangkan Kabupaten Minahasa. Jurnal Eksekutif, 2(5).
Astuti, H. K. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Model Industri Genteng Rumahan (Studi Kasus Desa Wringin Anom, Kec. Sambit, Kab. Ponorogo).
Auditya, L., Husaini, H., & Lismawati, L. (2013). Analisis Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Jurnal Fairness, 3(1), 21-42.
Basri, Y. M., & Gusnardi, G. (2021). Pengelolaan Keuangan Pemerintah Di Masa Pandemi Covid 19 (Kasus Pada Pemerintah Provinsi Riau). Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 4(1), 33–48.
Bilote, D. N. (2020). Efektivitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Kelurahan Di Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 8(2), 96-102.
Biswan, A. T., & Agfi, N. M. (2020). Dana Kelurahan: Pemetaan Pada Kelurahan Rempoa Tangerang Selatan. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(1), 9-15.
Boedijono, B., Wicaksono, G., Puspita, Y., Bidhari, S. C., Kusumaningrum, N. D., & Asmandani, V. (2019). Efektifitas Pengelolaan Dana Desa Untuk Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Kabupaten Bondowoso.
Defitri, S. Y. (2018). Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Benefita, 3(1), 64-75.
Dewi, K. C., Kurniawan, P. S., & Yasa, I. N. P. (2018). Analisis Efektifitas Sistem Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Transparansi Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (Studi Pada Badan Usaha Milik Desa Mandala Giri Amertha Desa Tajun). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 9(3), 26–37.
Fisabililah, F. F. N., Nisaq, A. R., & Nurrahmawati, S. (2020). Pengelolaan Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jiap (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 8(1), 208.
George, R. Terry, Dan Leslie W Rul. 1999. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Gita F. M. (2021). Implementasi Kebijakan Pemanfaatan Dana Kelurahan Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Kelurahan Pagentan Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. 1–15.
Hilmi, H., & Ramlawati, R. (2021). Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Pada Desa Silondou Kecamatan Basi Dondo Kabupaten Tolitoli. Economy Deposit Journal (E-Dj), 2(2).
Hulu, Y., Harahap, R. H., & Nasutian, M. A. (2018). Pengelolaan Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 146-154.
Istiyanti, D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Di Desa Sukawening. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (Pim), 2(1), 53-62.
Jordan Saputra, S. A. L. & V. Y. L. (2020). Efektivitas Pengelolaan Dana Kelurahan Dalam Rangka Peningkatan Sarana Dan Prasarana Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 61–73.
Kasenda, H., Sambiran, S., & Sumampow, I. (2021). Transparansi Pengelolaan Dana Kelurahan Dalam Pembangunan Di Kelurahan Ranomea Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Governance, 1(2).
Khairunnisa, K. (2020). Pengelolaan Dana Alokasi Umum (Dau) Tahun 2019 Di Kelurahan Pengambangan Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).
Kus, K. (2021). Analisis Efisiensi Dan Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Di Kecamatan Tongauna Utara Kabupaten Konawe. Jurnal Geoekonomi, 12(1), 25–37.
Kusniawati, D., Islami, N. P., Setyaningrum, B., & Prasetyawati, E. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Di Desa Bumiaji. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 59-72.
Madiarsih, N. C., Widiawati, D., & Hartanto, A. D. (2020). Analisis Efektivitas Program Hibah Pokmas Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 3(2), 312–321.
Mashita, D., Yamardi, Y., & Kushartono, T. (2019). Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Pembangunan Fisik Di Desa Batujajar Timur Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Caraka Prabu, 3(1), 45–69.
Mashuri, M., Suwarno, S., & Pramono, T. (2020). Pengelolaan Dana Kelurahan Dalam Perspektif Community Driven Development. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 4(1).
Meidiana, G. F. (2021). Implementasi Kebijakan Pemanfaatan Dana Kelurahan Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Kelurahan Pagentan Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur (Doctoral Dissertation, Ipdn Jatinangor).
Oktora, F. E., & Pontoh, W. (2013). Analisis Hubungan Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dan Dana Alokasi Khusus Atas Belanja Modal Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Accountability, 2(1), 1-10.
Prabakti, Y. A. (2021). Pengelolaan Alokasi Dana Kelurahan Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kelurahan Kepatihan Kabupaten Ponorogo. Ji@ P, 10(1).
Prasetyo, R. A. (2016). Peranan Bumdes Dalam Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pejambon Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Dialektika, 11(1), 86-100.
Protomulyo, D. (2021). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Bumdes Pada Masa Pandemi Di Desa Protomulyo Kaliwungu Selatan. 3(1), 23–35.
Ratulangi, A. C., Pangemanan, S. E., & Waworundeng, W. (2021). Pengelolaan Dana Alokasi Umum (Dau) Di Kelurahan Pandu Kecamatan Bunaken Kota Manado. Governance, 1(2).
Resdiana, E., & Puspaningrum, I. I. (2020). Efektifitas Dana Desa Dalam Mendukung Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Marengan Daya Kabupaten Sumenep. Public Corner, 15(1), 48–60.
Safwan, N., & Abdullah, S. (2014). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Akuntansi Issn, 2302, 0164.
Sains, F. S. (2018). Analisis Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah, Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah.
Sanjaya, N. (2020). Kebijakan Penganggaran Daerah Dimasa Pandemi Covid-19 (Study Kasus Pada Pemerintah Daerah Provinsi Banten). Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 17(2), 273–290.
Sarahwati, J. D., & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Pengelolaan Dana Alokasi Umum Tambahan (Dau-T) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Kelurahan Kuranji. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 53-66.
Sari, Y. P. (2021). Implementasi Dana Kelurahan Untuk Meningkatkan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Pada Masa Covid-19 Di Kota Metro. Manajemen.
Sempo, J. S., Laloma, A., & Londa, V. (2020). Efektivitas Pengelolaan Dana Kelurahan Dalam Rangka Peningkatan Sarana Dan Prasarana Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(95).
Septiningsih, D., Ningrum, D. A., Sa'diyah, K. A. R. I. M. A. T. U. S., Khasanah, F., & Kabib, N. (2020). Analisis Perencanaan Dana Alokasi Umum Tambahan Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Salatiga. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(09), 1-18.
Siboro, I. T. (2021). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Kelurahan Yang Bersumber Dari Apbn (Studi Kasus Kelurahan Bitauni Kabupaten Timor Tengah Utara) (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Siregar, K. (2013). Jurnal Politik Pemerintahan Dharma Praja Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Pada Desa Dedekadu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat. 29(96), 2017.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Cv. Mandar Maju.
Tanjung, I. S., & Yenni, E. (2018). Penerapan Pendekatan Partisipatoris Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Pesisir Untuk Mewujudkan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Tirtanadi, K., & Prianthara, I. B. T. (2021). Mengkaji Implementasi Kebijakan Dana Kelurahan Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 5(2), 233-244.
Torang, Syamsir. 2013. Organisasi Dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi. Alfabeta. Bandung.
Tumija, T. (2021). Kesiapan Pemerintah Kelurahan Petarukan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah Dalam Pengelolaan Dana Kelurahan. Jurnal Media Birokrasi, 51-66.
Umiani, W. O., & Sujana, I. W. (2021). Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Alokasi Anggaran Kelurahan. Entries, 3(1), 16-35.
Wahongan, S. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Kelurahan Bagi Pembangunan. Jurnal Politico, 8(1).
Wahyuningsih, R., & Pradana, G. W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa Hendrosari Melalui Pengembangan Desa Wisata Lontar Sewu. Publika, 323-334.
Wicaksono, G., Puspita, Y., Bidhari, S. C., Kusumaningrum, N. D., Asmandani, V., Ilmu, F., Politik, I., & Jember, U. (2020). Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Kabupaten. L Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi, 4(1), 9–20.
Yuliastri, H. (2020). Pengelolaan Alokasi Dana Kelurahan Studi: Analisis Kebijakan Pengelolaan Dana Kelurahan Untuk Pemberdayaan Masyarakat Di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).
Yunus, S., Suhendri, H., & Iriani, N. I. (2022). Efaluasi Pengelolaan Dana Alokasi Umum Tambahan Pemerintah Kota Batu Berdasarkan Asas Transparan, Akuntabel, Partisipatif, Tertib Dan Disiplin Anggaran Di Kantor Kelurahan Dadaprejo Kota Batu (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi).
Zuliyah, S. (2010). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Menunjang Pembangunan Daerah. Journal Of Rural And Development, 1(2).
Published
2023-01-25