Anteseden dan Konsekuensi Dari Consumer Brand Engagement, Consumer Brand Connection, Advertising Pada Perumahan Area Bogor
Abstract
Ledakan populasi yang tak terbendung di Indonesia telah memicu pertumbuhan pesat di sektor real estate. Hal ini dikarenakan tingkat permintaan rumah yang layak huni di masyarakat semakin meningkat. Menurut ramalan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dalam ramalan penduduk Indonesia tahun 2010-2035, jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2020 adalah sekitar 271 juta jiwa yang sebagian besar tinggal di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Perceived Personalization Terhadap Repurchase Intention Dimediasi Oleh Consumer Brand Engagement, Consumer Brand Connection, Advertising dan Brand Love. Sampel dalam penelitian ini meneliti 190 konsumen yang membeli properti rumah subsidi di kawasan Bogor sebagai obyek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dengan program AMOS melalui teknik Structural Equation Model (SEM). Teknik purposive sampling yaitu penarikan sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, dimana sampel yang dipilih sesuai dengan kriteria penelitian yaitu konsumen sebagai unit analisis dalam penelitian ini. Didapat hasil sektor perumahan sangat erat hubungannya dengan repurchase intention yang dipengaruhi utama oleh brand love. Brand love sendiri dipengaruhi oleh consumer brand engagement, consumer brand connection, advertising. Dimana mereka bisa dipengaruhi oleh perceived personalization.
Downloads
References
Amoako, G. K., Doe, J. K., & Neequaye, E. K. (2021). Online innovation and repurchase intentions in hotels: the mediating effect of customer experience. International Hospitality Review. Google Scholar
Aradah, I. N., Ferawati, R., & Rusliani, H. (2018). Pengaruh Media Sosial Facebook Dan Kepuasan Pelanggan Telkomsel Terhadap Keterlibatan Merek Di Grapari Telanaipura Jambi. UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Google Scholar
Azize, žahin, Cemal, Z., & Hakan, K. (2012). The effects of brand experience and service quality on repurchase intention: The role of brand relationship quality. African Journal of Business Management, 6(45), 11190–11201. Google Scholar
Bisen, A., & Nuangjamnong, C. (2021). An influence of advertising on consumer-based brand loyalty: a case study on a sports shoe brand in Bhopal India. AU-GSB e-Journal, 14(1). Google Scholar
Heriyati, P., & Septi, S. (2012). Analisis pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone Nexian. Journal of Business Strategy and Execution, 4(2), 171–205. Google Scholar
Hulud, S., Arifin, R., & Athia, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Mahasiswa Unisma Pengguna GrabBike di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(25). Google Scholar
Kairupan, D. J. I., & Yovanda, O. A. (2021). Pengaruh Public Relation, Advertising, Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Produk Umkm: Studi Kasus Pada Toko X Cake and Bakery. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 1–12. Google Scholar
Khamitov, M., Wang, X. S., & Thomson, M. (2019). ACRoss space and time: How cultural and institutional differences explain consumer-brand relationships’ differential effects on brand loyalty. AP-Advances in Consumer Research, 12, 11–12. Google Scholar
Kurniawan, A., & Martadisastra, D. S. (2022). Pengaruh manajemen kualitas total dan manajemen pengetahuan terhadap kinerja organisasi pada perusahaan property. KINERJA, 19(2), 277–285. Google Scholar
Suryono, R. R. (2016). Perilaku Pemain Game Online terhadap Pembelian Virtual Item. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Google Scholar
Tran, T. P., Muldrow, A., & Ho, K. N. B. (2020). Understanding drivers of brand love-the role of personalized ads on social media. Journal of Consumer Marketing. Google Scholar
Ubud, S., & Ubud, S. (2016). Strategi kualitas hubungan merek, komitmen, kecintaan terhadap loyalitas merek pada restoran waralaba. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(3), 152457. Google Scholar
Wallace, E., Buil, I., & De Chernatony, L. (2014). Consumer engagement with self-expressive brands: brand love and WOM outcomes. Journal of Product & Brand Management. Google Scholar
Warsito, T. (2022). Analisis Siklus Pasar Properti Residensial di Masa Pandemi Covid-19 dengan Hodrick-Prescott (HP) Filter. JURNAL EKUIVALENSI, 8(2), 242–256. Google Scholar
Yanti, R. (2018). Pengaruh leader attention scope terhadap innovation ambidexterity yang dimediasi oleh transformational leadership pada karyawan PT. Ultrajaya Milk Tbk. di Bandung. SKRIPSI-2018. Google Scholar
Yovanda, E., Rahman, A., & Anggriani, I. (2022). The Influence of Customer Experience and Trust on Customer Loyalty PT. Lion Parcel Bengkulu City. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 3(4), 1443–1454. Google Scholar
Zamzam, H. F., & Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Deepublish. Google Scholar
Copyright (c) 2022 Andrial Evan Savero, Kurniawati MM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.