Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Citra Perusahaan, Komitmen Perusahaan dan Dukungan Organisasi meningkatkan Kinerja Organisasi pada Jasa Ekspedisi Angkutan Laut

  • Devita Nur Ekasari Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Indonesia
  • Farah Margaretha Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Indonesia
  • Triwulandari Triwulandari Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Indonesia
Keywords: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Citra Perusahaan, Komitmen Organisasi, Dukungan organisasi, Kinerja organisasi, Pengiriman Barang ekspedisi Angkutan Laut

Abstract

Perusahaan Indonesia menggunakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai bagian integral dari strategi bisnis mereka. Namun, praktik CSR masing-masing perusahaan berbeda karena sangat dipengaruhi oleh hasil pemetaan sosial kondisi kehidupan masyarakat di wilayah bisnis perusahaan. Penelitian ini bertujuan tanggung jawab sosial perusahaan, citra perusahaan, Komitmen organisasi, dan dukungan organisasi terhadap  kinerja organisasi organisasi pada perusahaan ekspedisi angkutan laut. Pada penelitian ini menggunakan variabel tanggung jawab sosial perusahaan, citra perusahaan, Komitmen organisasi, terhadap  kinerja organisasi penelitian ini menambahkan variable dukungan organisasi  sebagai kebaruan dari peelitian sebelumnya. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner kepada karyawan perusahaan EMKL melalui folmulir dengan jumlah sample dalam penelitian sebanyak 113 responden. Dalam pengujian hipotesis menggunakan SMART PLS versi 3.2.9. Hasil penelitian ini  bahwa Tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap Citra perusahaan., Mengetahui Tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap Komitmen organisasi, Mengetahui Tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap Kinerja organisasi, Mengetahui Citra perusahaan berpengaruh positif terhadap Komitmen organisasi, Mengetahui Citra perusahaan tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja organisasi, Mengetahui Komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap Kinerja organisasi,Mengetahui Tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap Dukungan organisasi, dan Mengetahui Dukungan organisasi berpengaruh positif terhadap Kinerja organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Fitri. (2018). Environmental Accounting dalam Konsep Sosial Maslaha: Sebuah Pendekatan Kritis (Studi pada PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk. Palangisan Estate). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Google Scholar

Baeti, Amalia Nur. (2021). Peranan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) dalam Tata Laksana Impor Barang Oleh PT. Cahaya Moda Indonesia di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara, 1(1), 7–12. Google Scholar

Deviyanti, Yuni. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Capital Intensity Terhadap Tax Avoidance (Studi pada Perusahaan Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). Universitas Pasundan Bandung. Google Scholar

Galang, Putra Pratama. (2021). Pelayanan Dokumen Ekspor Tekstil Milik CV. Mega Briquette oleh Perusahaan EMKL PT. Dhana Persada Manunggal Semarang. Karya tulis. Google Scholar

Gunawan, Iwan, & Yuliadi, Erizka Trinurfa. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Saluran Distribusi Terhadap Penjualan Kacang Kedele (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Agrico International”). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 450–456. Google Scholar

Ilmi, Nur. (2021). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Zakat Perusahaan Terhadap Kinerja Perbankan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating pada Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2015-2019. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Google Scholar

Islahuddin, Islahuddin, Eppang, Buntu Marannu, Salim, Muhammad Arfin Muhammad, Darmayasa, Darmayasa, & Masatip, Anwari. (2022). Book-Inovasi, Adaptasi, Dan Kolaborasi: Pengembangan Wisata Bahari Berbasis Inovasi, Adaptasi, Dan Kolaborasi di Destinasi Super Prioritas Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. CV Amerta Media. Google Scholar

Jannah, Ratu Chika Fathiatul, Yusmardono, Yusmardono, & Fathoni, Fajar Sidiq. (2022). Konservasi dan Pengelolaan Penyu: Peran Swasta dalam Perlindungan Satwa Langka. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 57–70. Google Scholar

Kompyurini, Nurul. (2019). Menuju Sistem Pengendalian Manajemen Bertanggung Jawab Sosial Studi pada PT. Pelindo Marine Service Surabaya. InFestasi, 15(1), 46–56. Google Scholar

Prayoga, Ajib. (2022). Usahatani Dan Strategi Pemasaran Bibit Durian Unggul Di Desa Balam Jaya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Universitas Islam Riau. Google Scholar

Purwadi, Agung, Sudiyono, Sudiyono, Yufridawati, Yufridawati, Jauhari, Moh Rif’an, & Waspodo, R.Muktiono. (2019). Model kerjasama SMK dengan kementerian/lembaga serta dunia usaha dan industri: kasus SMK bidang keahlian kemaritiman. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan. Google Scholar

Rizki, Irma Herliza, Chaniago, Sabarrudin, Yogi Putra SE, M. M., Aristantya, Selvi, Sutejo, Bambang, Kom, S., Nurhadi, Aan, Dewi, Henny Purnama, Nasution, M.Indra Mulia, & Sos, S. (2022). UKM MANDIRI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Cattleya Darmaya Fortuna. Google Scholar

Simanjuntak, Pinondang, Purnomo, Candra C., Filipus, Carlos, & Haryady, Haryady. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Teknologi Digital dan Keragaman Budaya Kerja Terhadap Efektivitas Tim Pelaksana Konstruksi. Google Scholar

Sulaiman, Fatah. (2021). Desain Simbiosis Industri dalam Suatu Kawasan Industri Menuju Eco-Industrial Park (Pidato Pengukuhan Guru Besar). UNTIRTA PRESS. Google Scholar

Wardani, Bunga Putri Kusuma. (2018). Penerimaan Konsumen The Body Shop Di Kota Malang Terhadap Identitas Perusahaan Dalam Iklan Kampanye Online “Forever Against Animal Testing. Universitas Brawijaya. Google Scholar

Yasin, Muhammad, & Rohman, Fatchur. (2022). The Impactof PT PLN Tanjung Jati B’s Corporate Social Responsibility on the Welfare of Micro, Small and Medium Enterprises. Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, 1(1), 120–134. Google Scholar
Published
2022-12-23