Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Citra Perusahaan, Komitmen Perusahaan dan Dukungan Organisasi meningkatkan Kinerja Organisasi pada Jasa Ekspedisi Angkutan Laut
Abstract
Perusahaan Indonesia menggunakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai bagian integral dari strategi bisnis mereka. Namun, praktik CSR masing-masing perusahaan berbeda karena sangat dipengaruhi oleh hasil pemetaan sosial kondisi kehidupan masyarakat di wilayah bisnis perusahaan. Penelitian ini bertujuan tanggung jawab sosial perusahaan, citra perusahaan, Komitmen organisasi, dan dukungan organisasi terhadap kinerja organisasi organisasi pada perusahaan ekspedisi angkutan laut. Pada penelitian ini menggunakan variabel tanggung jawab sosial perusahaan, citra perusahaan, Komitmen organisasi, terhadap kinerja organisasi penelitian ini menambahkan variable dukungan organisasi sebagai kebaruan dari peelitian sebelumnya. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner kepada karyawan perusahaan EMKL melalui folmulir dengan jumlah sample dalam penelitian sebanyak 113 responden. Dalam pengujian hipotesis menggunakan SMART PLS versi 3.2.9. Hasil penelitian ini bahwa Tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap Citra perusahaan., Mengetahui Tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap Komitmen organisasi, Mengetahui Tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap Kinerja organisasi, Mengetahui Citra perusahaan berpengaruh positif terhadap Komitmen organisasi, Mengetahui Citra perusahaan tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja organisasi, Mengetahui Komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap Kinerja organisasi,Mengetahui Tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap Dukungan organisasi, dan Mengetahui Dukungan organisasi berpengaruh positif terhadap Kinerja organisasi.
Downloads
References
Baeti, Amalia Nur. (2021). Peranan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) dalam Tata Laksana Impor Barang Oleh PT. Cahaya Moda Indonesia di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara, 1(1), 7–12. Google Scholar
Deviyanti, Yuni. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Capital Intensity Terhadap Tax Avoidance (Studi pada Perusahaan Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). Universitas Pasundan Bandung. Google Scholar
Galang, Putra Pratama. (2021). Pelayanan Dokumen Ekspor Tekstil Milik CV. Mega Briquette oleh Perusahaan EMKL PT. Dhana Persada Manunggal Semarang. Karya tulis. Google Scholar
Gunawan, Iwan, & Yuliadi, Erizka Trinurfa. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Saluran Distribusi Terhadap Penjualan Kacang Kedele (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Agrico Internationalâ€). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 450–456. Google Scholar
Ilmi, Nur. (2021). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Zakat Perusahaan Terhadap Kinerja Perbankan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating pada Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2015-2019. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Google Scholar
Islahuddin, Islahuddin, Eppang, Buntu Marannu, Salim, Muhammad Arfin Muhammad, Darmayasa, Darmayasa, & Masatip, Anwari. (2022). Book-Inovasi, Adaptasi, Dan Kolaborasi: Pengembangan Wisata Bahari Berbasis Inovasi, Adaptasi, Dan Kolaborasi di Destinasi Super Prioritas Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. CV Amerta Media. Google Scholar
Jannah, Ratu Chika Fathiatul, Yusmardono, Yusmardono, & Fathoni, Fajar Sidiq. (2022). Konservasi dan Pengelolaan Penyu: Peran Swasta dalam Perlindungan Satwa Langka. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 57–70. Google Scholar
Kompyurini, Nurul. (2019). Menuju Sistem Pengendalian Manajemen Bertanggung Jawab Sosial Studi pada PT. Pelindo Marine Service Surabaya. InFestasi, 15(1), 46–56. Google Scholar
Prayoga, Ajib. (2022). Usahatani Dan Strategi Pemasaran Bibit Durian Unggul Di Desa Balam Jaya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Universitas Islam Riau. Google Scholar
Purwadi, Agung, Sudiyono, Sudiyono, Yufridawati, Yufridawati, Jauhari, Moh Rif’an, & Waspodo, R.Muktiono. (2019). Model kerjasama SMK dengan kementerian/lembaga serta dunia usaha dan industri: kasus SMK bidang keahlian kemaritiman. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan. Google Scholar
Rizki, Irma Herliza, Chaniago, Sabarrudin, Yogi Putra SE, M. M., Aristantya, Selvi, Sutejo, Bambang, Kom, S., Nurhadi, Aan, Dewi, Henny Purnama, Nasution, M.Indra Mulia, & Sos, S. (2022). UKM MANDIRI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Cattleya Darmaya Fortuna. Google Scholar
Simanjuntak, Pinondang, Purnomo, Candra C., Filipus, Carlos, & Haryady, Haryady. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Teknologi Digital dan Keragaman Budaya Kerja Terhadap Efektivitas Tim Pelaksana Konstruksi. Google Scholar
Sulaiman, Fatah. (2021). Desain Simbiosis Industri dalam Suatu Kawasan Industri Menuju Eco-Industrial Park (Pidato Pengukuhan Guru Besar). UNTIRTA PRESS. Google Scholar
Wardani, Bunga Putri Kusuma. (2018). Penerimaan Konsumen The Body Shop Di Kota Malang Terhadap Identitas Perusahaan Dalam Iklan Kampanye Online “Forever Against Animal Testing. Universitas Brawijaya. Google Scholar
Yasin, Muhammad, & Rohman, Fatchur. (2022). The Impactof PT PLN Tanjung Jati B’s Corporate Social Responsibility on the Welfare of Micro, Small and Medium Enterprises. Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, 1(1), 120–134. Google Scholar
Copyright (c) 2022 Devita Nur Ekasari, Farah Margaretha, Triwulandari Triwulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.