Analisis Pengaruh Praktek Manajemen Rantai Pasok terhadap Kinerja Ekspor dengan Mediasi Kinerja Rantai Pasok

  • Dessy Apriyani Program Studi Megister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trisakti Jakarta
  • Farah Margaretha Program Studi Megister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trisakti Jakarta
  • Wahyuningsih Santosa Program Studi Megister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trisakti Jakarta
Keywords: Berbagi Informasi, Integrasi Internal, Integrasi Pelanggan, Integrasi Pemasok, Kinerja Ekspor, Kinerja Rantai Pasok

Abstract

Pada akhir Desember 2019, wabah novel coronavirus menyebar ke seluruh penjuru dunia, menyebar begitu cepat sehingga WHO menyatakannya sebagai pandemi global. Situasi ini berimplikasi pada aktivitas ekonomi global, termasuk arus perdagangan internasional. Hal ini telah menghambat kegiatan impor dan ekspor, yang menyebabkan harga beberapa bahan makanan lebih tinggi dan mempengaruhi beberapa bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktek manajemen rantai pasok terhadap kinerja ekspor dengan mediasi kinerja rantai pasok pada lima perusahaan yang bergerak di bidang ekspor di salah satu perusahaan freight forwarder di Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang bersumber dari penyebaran kuesioner kepada karyawan pada lima perusahaan yang bergerak di bidang ekspor di salah satu perusahaan freight forwarder di Jakarta. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 202 sampel dari lima perusahaan yang bergerak di bidang ekspor di salah satu perusahaan freight forwarder di Jakarta. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis yaitu SEM dengan menggunakan software IBM AMOS 24 untuk melakukan pengujian validitas, reliabilitas serta statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Integrasi Internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Ekspor, Integrasi Pemasok berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Rantai Pasok. Begitupun sebaliknya. Hal ini membuktikan bahwa integrasi pelanggan tidak terlalu berdampak pada kinerja rantai pasok. Ini menunjukan bahwa integrasi pelanggan yang di lakukan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor atau biasa disebut sebagai eksportir tidak terlalu atau bahkan tidak sama sekali memberikan manfaat pada kinerja rantai pasok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anuraga, Jalu Lintang Yogiswara. (2021). Jalur Rempah Banda, Antara Perdagangan, Penaklukan dan Percampuran: Dinamika Masyarakat Banda Neira Dilihat Dari Sosio-Historis Ekonomi Rempah The Banda Spice Route, Between Trade, Conquest. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 23(3). Google Scholar.

Apriko, Juni. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy (masyarakat Yang Menggunakan Honda Scoopy Di Kecamatan Tenayan Raya). Universitas Islam Riau. Google Scholar.

Erika, Sovia Zahrianti. (2022). Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Ekspor Produk Halal Indonesia Periode 2016-2020. IAIN Ponorogo. Google Scholar.

Fauzi, Irsal. (2021). Peran Internet Marketing dalam Meningkatkan Intention To Buy (Studi pada Bangkayu. id). Among Makarti, 14(1). Google Scholar.

Ferdinandus, Stenly Jacobus, Bugis, Muh Sahril Gunawan, & Pattiruhu, Josef R. (2022). Analisis Pengaruh Financial Technology Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan Bumn di Indonesia. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1039–1045. Google Scholar.

Jones, Ivan, Lusiana, Lusiana, Moderin, Moderin, & Fenny, Fenny. (2022). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Sistem Erp Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan Studi Kasus: PT Latinusa TBK. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 410–418. Google Scholar.

Mabruroh, Kurnia Lailatul. (2022). Analisis Framing Berita Terkait Kebijakan Pemerintah Menangani Covid-19 pada Media Online Suarasurabaya. Net. Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unhas (IKON), 21–38. Google Scholar.

Musyafi, Roihatul, Utami, Hamidah Nayati, Prasetya, Arik, & Sos, S. (2019). Pengaruh Information Sharing dan Information Quality terhadap Rantai Pasok Integratif dan Kinerja Usaha.(Studi Pada petani Bawang Merah di Jawa Timur). Universitas Brawijaya. Google Scholar.

Nasir, Akhmad, & Supriatna, Endah. (2022). Pengaruh Praktek Supply Chain Management (SCM) dan Integrasi Suplly Chain Terhadap Kinerja Perusahaan pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3), 621–628. Google Scholar.

Permana, Gusi Putu Lestara, & Mudiyanti, Ni Wayan. (2021). Analisis Faktor Kesuksesan Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Dengan Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi Diperbarui Oleh Delone Dan Mclean Di Kabupaten Gianyar. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(1), 75–85. Google Scholar.

Purba, Bonaraja, Susanti, Elly, Mustaqim, Yunus, Wisnujati, Nugrahini Susantinah, Hasan, Muhammad, Aisyah, Hesty, Hariyanti, Anies Indah, & Sudarmanto, Eko. (2021). Etika Ekonomi. Yayasan Kita Menulis. Google Scholar.

Raharja, Hafid Aji, & Yamit, Zulian. (2022). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan terhadap Keunggulan Kompetitif Organisasi dan Kinerja Organisasi Kelompok Ternak di Desa Girikerto. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(1), 270–278. Google Scholar.

Saputra, I.Gede Hendra Eka, & Yasrawan, Komang Tri. (2021). Dampak Moderasi Budaya Catur Purusa Artha pada Pengaruh Self Efficacy dan Locus of Control terhadap Kinerja Koperasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 11(1), 167–178. Google Scholar.

Sasongko, Guntur, Kalambo, Yohanis, Janu, Rizaldi Indra, & Anggiani, Sarfiliaty. (2022). Peran Kepemimpinan Strategis Dalam Menghadapi Kondisi Era Angsa. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(3), 613–628. Google Scholar.

Sumadi, S. (2020). Menakar Dampak Fenomena Pandemi Covid-19 Terhadap Perbankan Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 145–162. Google Scholar.

Suparman, S. E. (2022). Pembangunan Ketenagakerjaan: Teori, Konsep, Model, dan Studi Empiris. Publica Indonesia Utama. Google Scholar.

Wardana, Miko Andi, & Parwati, Komang Shanty Muni. (2021). Integrasi faktor niat berkunjung wisatawan lokal di bali pada masa pandemi covid 19. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 12(1), 50–58. Google Scholar.

Wibowo, Agus. (2022). Sistem Pengendalian Manajemen (Management Control System). Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–275. Google Scholar.
Published
2022-12-23