Experiential Marketing Dalam Memasarkan Inovasi Produk Personalized Hanger Bellicimo

  • Caroline Silvia Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta
  • Kansha Sabila Fithri Herwien Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta
  • Deddy Muharman Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta
Keywords: Experiential Marketing, Penyampaian Pesan, Konsumen, Personalisasi, Bellicimo

Abstract

Gaya hidup masyarakat modern yang dipengaruhi perkembangan tren menciptakan tantangan bagi pelaku bisnis dalam hal metode komunikasi pemasaran untuk menjual produk dan jasa yang mereka tawarkan. Situasi ini membuat pelaku bisnis memusatkan perhatian kepada pasar yang sekarang berorientasi kepada pelanggan dan konsumen, serta memadukan berbagai metode komunikasi agar mereka dapat mencapai tujuan bisnisnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing terhadap penyampaian pesan dari Bellicimo terkait produk yang mereka tawarkan. Menggunakan metode penyampaian informasi produk atau jasa kepada konsumen dengan melibatkan mereka melalui komunikasi dua arah yang membawa kepribadian mereka pada kehidupan konsumen untuk berkembang dan menambah nilai produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data primer melalui wawancara dengan Yolanda Silvia sebagai narasumber utama dan sekunder dari data kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Experiential Marketing berpengaruh positif terhadap hanger Bellicimo yang terindikasi oleh Sense, Feel, Think, Act yang membuat konsumen dan audiens menerima respon emosional dari pesan yang disampaikan Bellicimo melalui produknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Fatimah, R. (2018). Strategi experiential marketing Sebagai metode Pendekatan Dalam Meningkatkan revisit intention Wisatawan Sabda Alam Garut. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(3), 206. https://doi.org/10.31599/jki.v18i3.287

Ayunda. (2020, Mei 28). Inovasi Produk: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya dalam Pengembangan Bisnis. Diperoleh pada 20 September 2021 dari web Accurate.id: https://accurate.id/marketing manajemen/inovasi-produk/

Daryanto, L. H., dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi”Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol. 5, No. 5, 2019.

Dumat, F. E., Mandey, S. L., & Roring, F. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Kopi (Studi Kasus pada Van Ommen Coffee Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6 (No.4). https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21622

Febrini, I. Y., PA, R. W., & Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10 (1), 35–54. DOI: 10.18196/mb.10167.

Firmansyah, A. (n.d.). Chapter 1. In Komunikasi Pemasaran (pp. 2–2)., CV. Penerbit Qiara Media, 2019.

Karuniatama, I.H., Barata, D.D., & Suyoto, Y.T. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ritel Di Indonesia. Widyakala Journal, 7 (1), 28-36. DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i1.277.

Kitchen, P. J., & Tourky, M. E. (2022). Integrated Marketing Communication: A Global Brand-Driven Approach (2nd ed). Switzerland: Springer Nature Switzerland AG.

Moleong, M. A. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Oeyono, J. T. (2013). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Intervening Variabel di Tator Cafe Surabaya Town Square. Jurnal Strategi Pemasaran, 1 (2), 1-9.
Percy, L. (2018). Strategic Integrated Marketing Communications (3rd ed). London: Routledge.

Smilansky, S. (2009). Experiential Marketing: A Practical Guide Interactive to Brand Experiences. India: Replika Press.

Taufik, M. T. (2017). Pengaruh Experiental Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Labersa Grand Hotel Dan Convention Centre Di Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 4, 30–44. Diperoleh dari https://media.neliti.com/media/publications/133533-ID-pengaruh-experiential-marketing-dan-bran.pdf

Yuliawan, E., & Ginting, M. (2016). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Mandiri Cabang Medan Balai Kota. Jwem (Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil), 6(1), 1-12.
Published
2022-12-20