Analisis Kelayakan Learning Management System (LMS) Learnpress bagi Pembelajaran Daring pada Startup Berbasis Pendidikan

  • Narendra Bagus Adiyaksa Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran Sumedang, Indonesia
  • Irfan Ardiansah Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran Sumedang
  • Amili Yohari Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran Sumedang

Abstract

Sebagai ujung tombak pendidikan guru diharapkan untuk mampu melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain melakukan tugas utama mengajar, guru juga mengerjakan tugas atau kegiatan lain dalam lingkungan sekolah. Dalam upaya meningkatkan teacher performance banyak faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah teacher emotional labor, teacher work engagement dan teacher commitment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teacher emotional labor, teacher work engagement, dan teacher commitment terhadap teacher performance. Subjek penelitian adalah 71 guru yang mengajar di sekolah SMP Strada Cabang JPBS. Desain penelitian ini adalah analisis jalur dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teacher emotional labor mempengaruhi teacher performance secara positif, teacher work engagement mempengaruhi teacher performance secara positif, dan teacher commitment mempengaruhi teacher performance secara positif pula. Ditunjukkan pula bahwa teacher commitment memediasi pengaruh positif teacher emotional labor terhadap teacher performance. Teacher commitment memediasi pengaruh positif teacher work engagement terhadap teacher performance.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 27, 2022
How to Cite
ADIYAKSA, Narendra Bagus; ARDIANSAH, Irfan; YOHARI, Amili. Analisis Kelayakan Learning Management System (LMS) Learnpress bagi Pembelajaran Daring pada Startup Berbasis Pendidikan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 17273-17304, dec. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/10615>. Date accessed: 02 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10615.