Analisis Manajemen Penyimpanan dan Pendistribusian Obat di Instalasi Farmasi RSUD Kota Makassar

  • Dika Asmawati Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Wiku Bakti Bawono Adisasmito Departemen Administrasi dan Kebijakan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
Keywords: Penyimpanan Obat, Distribusi Obat, Manajemen Logistik, Farmasi, Rumah Sakit

Abstract

Beberapa indikator pengelolaan dan penyimpanan obat tidak tercapai selama tahun 2021 diantaranya kesesuaian stok dengan data, presentase stok mati dan presentase obat kadaluarsa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis masalah tata laksana logistik tahap penyimpanan dan distribusi obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Makassar yang menyebabkan tidak tercapaianya beberapa indikator ditahun 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus melalui pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, telaah dokumen dan studi literatur. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan formula solvin untuk menghitung minimal sampel. Prosedur penyimpanan obat pada area penyimpanan menggunakan sistem gabungan antara FIFO (First In First Out) dan FEFO (First Expired First Out). Ditemukan beberapa penyebab sehingga indikator penting tidak tercapai selama tahun 2021 serta beberapa masalah dalam penyimpanan obat seperti fasilitas gudang yang kurang memadai. Penyimpanan dan pendistribusian obat sudah mengikuti ketentuan yang berlaku namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam hal fasilitas, tata laksana dan prosedur serta pemanfaatan komputerisasi untuk pencatatan penyimpanan dan pendistribusian obat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim, A. (2016). Evaluasi Penyimpanan dan Pendistribusian Obat di Gudang Farmasi PSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. PHARMACON, 5(2). Google Scholar.

Ihsan, Sunandar, Amir, Sry Agshary, & Sahid, Mohammad. (2015). Evaluasi Pengelolaan Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Muna Tahun 2014. Pharmauho, 1(2), 23–28. Google Scholar.

Kemenkes, R. I. (2019). Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia: Jakarta. Google Scholar.

Khasanah, Maulidiyatul. (2019). Gambaran Sistem Distribusi Perbekalan Farmasi Pasien Rawat Inap Kelas Vip Dan Kelas Iii Di Rsud Tidar Kota Magelang. Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Magelang. Google Scholar.

Menkes, R. I. Permenkes No 72 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. , (2016). Google Scholar.

Monibala, Tiarma, Citraningtyas, Gayatri, & Yamlean, Paulina V. Y. (2019). Evaluasi Penyimpanan Dan Pendistribusian Obat Di Instalasi Farmasi Rsud Noongan, Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Pharmacon, 8(1), 79–87. Google Scholar.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan Notoatmodjo S, editor. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Google Scholar.

Pamudji, Gunawan. (2018). Evaluasi Pengelolaan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB Tahun 2017. Jurnal Farmasi Indonesia, 15(2), 135–147. Google Scholar.

Posangi, J. (2017). Analisis Manajemen Penyimpanan dan Pendistribusian Obat di Instalasi Farmasi Chasan Boesoirie Ternate. Paradigma Sehat, 5(3). Google Scholar.

Pudjaningsih, Dwi. (1996). Pengembangan Indikator Efisiensi Pengelolaan Obat di Farmasi Rumah Sakit. Universitas Gadjah Mada. Google Scholar.

Qiyaam, Nurul, Furqoni, Nur, & Hariati, Hariati. (2016). Evaluasi Manajemen Penyimpanan Obat Di Gudang Obat Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Soedjono Selong Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 1(1), 61–70. Google Scholar.

Ramadhani, Syahrizal, Akbar, Depy Oktavian, & Wan, Jose Refor. (2022). Evaluasi Pengelolaan Obat Pada Tahap Distribusi, Penyimpanan, Serta Penggunaan Obat Pada Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Mutiara Bunda Tahun 2019. Generics: Journal Of Research In Pharmacy, 2(1), 61–66. Google Scholar.

Rusdiana, Nita, Saputra, Bayu, & Noviyanto, Fajrin. (2016). Alur Distribusi Obat dan Alat Kesehatan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Malingping. Jurnal Farmagazine, 2(1), 24–29. Google Scholar.

Rusli, R. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Farmasi Rumah Sakit dan Klinik. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan. Google Scholar.

Siregar, Charles J. P., & Amalia, Lia. (2004). Farmasi Rumah Sakit teori dan penerapan. Jakarta: EGC, 14. Google Scholar.

Sugiyono, Dr. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Google Scholar.
Published
2022-12-27