Analisis Kebutuhan Guru dalam Mempersiapkan Pembelajaran Tpack Berbasis Canva Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Sdn Utan Kayu Selatan 14

  • Achmad Zacky Hariadi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
Keywords: guru, pembelajaran TPACK, pembalajaran jarak jauh

Abstract

Sejak mewabahnya penyakit Corona atau biasa disebut Covid-19 di Indonesia Maret lalu, pemerintah Indonesia dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan kesempatan untuk menekan penyebaran infeksi tersebut dengan mewajibkan lapor diri bagi seluruh siswa dan siswi. pendidik. Merencanakan atau menggunakan pembelajaran jarak jauh di wilayah DKI Jakarta. Tujuan akan adanya keahlian bermanfaat adalah peserta didik mengartikan rancangan yang telah mereka pelajari melewati pengetahuan secara terus menerus dan mengaitkannya dengan rancangan lain yang telah mereka mengerti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. (case study) Penelitian studi kasus ini adalah susunan kegiatan objektif yang dilakukan secara mendalam,terdaftar dan mendalam tentang suatu rencana, kasus, dan kegiatan, baik di tingkat perindividu, perkelompok ,lembaga, atau organisasi untuk menghasilkan wawasan yang intensif tentang kejadian tersebut. Contohnya, kejadian yang dipilih yang selanjutnya disebut kasus adalah hal yang nyata (real-life events), yang sedang berjalan, bukan sesuatu yang telah berlalu. Berdasarkan hasil penelitian, banyak guru yang hanya mahir dalam semua aspek pembelajaran tpack, terutama mereka yang sudah pensiun selama 2 atau 3 tahun, dan relatif lemah dalam teknologi. Namun, beberapa guru yang bersiap pensiun masih mau belajar tentang penggunaan teknologi ini. Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah untuk menciptakan media pembelajaran melalui aplikasi canva dengan berbasis teknologi yang berintegerasi dengan pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru tersebut selama pembelajaran jarak jauh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-28