Pengaruh Digital Marketing terhadap Kunjungan Pasien Baru di Rumah Sakit: Studi Systematic Review
Abstract
Kemajuan teknologi berkembang sangat pesat mendorong perusahaan untuk memasuki era digital. Perusahaan yang menerapkan teknologi akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan konsumen sedangkan perusahaan dengan strategi tradisional akan tertinggal secara perlahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap kunjungan pasien baru di Rumah Sakit. Systematic review melalui tiga database dan menggunakan jurnal yang diterbitkan pada bulan Januari 2019 hingga bulan Maret 2022. Systematic review dilakukan sesuai dengan kaidah PRISMA 2020 (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Proses tersebut menghasilkan 5 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Berdasarkan analisis artikel didapatkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi efektifitas strategi digital marketing adalah pemilihan platform digital marketing. Pemilihan platform harus disesuaikan dengan karakteristik sasaran publik. Strategi digital marketing melalui sosial media dapat memfasilitasi penyebaran opini, pendapat dan penyebaran informasi secara instan. Penggunaan pemasaran sosial media tetap harus memperhatikan permasalahan etik dalam penerapannya. Digital marketing tidak selalu menjadi jawaban dalam upaya menarik pasien baru.
Downloads
References
Denecke, K., Bamidis, P., Bond, C., Gabarron, E., Househ, M., Lau, A. Y. S., Mayer, M. A., Merolli, M., & Hansen, M. (2015). Ethical issues of social media usage in healthcare. Yearbook of Medical Informatics, 24(01), 137–147. https://doi.org/10.15265/IY-2015-001.
Durmaz, Y., & Efendioglu, I. H. (2016). Travel from traditional marketing to digital marketing. Global Journal of Management and Business Research, 16(2), 34–40. https://doi.org/10.1007/s11606-018-4448-0.
Ghosal, D., Prasad, B., & Behera, M. (2020). Impact of Affiliate marketing on e-buying behavior of Millennial–A TAM based Approach with Text Analysis. Available at SSRN 3638929.
Gupta, A., Tyagi, M., & Sharma, D. (2013). Use of social media marketing in healthcare. Journal of Health Management, 15(2), 293–302. https://doi.org/10.1177/0972063413489058.
Iskandar, V. B. (2021). Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia.
Kaspar, K., Weber, S. L., & Wilbers, A.-K. (2019). Personally relevant online advertisements: Effects of demographic targeting on visual attention and brand evaluation. PloS One, 14(2), e0212419. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0212419.
Minculete, G., & Olar, P. (2018). Approaches to the modern concept of digital marketing. International Conference Knowledge-Based Organization, 24(2), 63–69..
Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nurhayati, H. (2021). Social media in Indonesia - statistics & facts. Statista.Com. https://www.statista.com/topics/8306/social-media-in-indonesia/.
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., & Brennan, S. E. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. Systematic Reviews, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s13643-021-01626-4.
Prasetyo, A. A. R., & Sulistiadi, W. (2019). Effect of Digital Marketing in Hospitals: A Systematic Review. The 5th International Conference on Public Health, 509–512. https://doi.org/10.26911/theicph.2019.04.47.
Purcarea, E. V. L. (2019). The impact of marketing strategies in healthcare systems. Journal of Medicine and Life, 12(2), 93–96.
Radu, G., Solomon, M., Gheorghe, C. M., Hostiuc, M., Bulescu, I. A., & Purcarea, V. L. (2017). The adaptation of health care marketing to the digital era. Journal of Medicine and Life, 10(1), 44.
Susanto, G. M. (2017). The power of Digital marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tritama, H. B., & Tarigan, R. E. (2016). The effect of social media to the brand awareness of a product of a company. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.21512/commit.v10i1.1667.
Copyright (c) 2022 Sri Mardiati, Anhari Achadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.