Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan

  • Eka Kartikawati
  • Astri Fajar Cahyani
  • Gufron Amirullah

Abstract

Kemampuan berpikir analisis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh siswa. Melalui berpikir analisis siswa dapat melihat suatu permasalahan secara menyeluruh untuk menemukan inti permasalahan yang terjadi dikehidupan sehari-hari serta mencari cara penyelesaiannya. Studi ini meyelidiki tentang kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sebanyak 101 siswa kelas XI MIPA yang digunakan sebagai sampel penelitian, sampel diambil dengan cara Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan soal tes kemampuan berpikir analisis, kuesioner dan wawancara guru. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase (NP). Berdasarkan hasil analisis data dapat deskripsikan bahwa kemampuan berpikir analisis siswa pada tiga indikator, yaitu mengorganisasi sebesar 73,49% (baik), membedakan sebesar 66,90% (baik) dan mengatribusi sebesar 76,57% (baik). Faktor pendukung dari faktor internal dan eksternal berupa sumber referensi (82,89%), metode pembelajaran (84,86%) dan evaluasi pembelajaran (87,06%). Faktor penghambat dari faktor internal dan eksternal berupa Intelegensi (47,76%), minat siswa (60,20%) dan lingkungan (52,82%). Kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Kota Bekasi termasuk kedalam kategori baik. Terdapat faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhinya.

Kata kunci: Berpikir Analisis, Pencemaran Lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-20