Penerapan Model Discovery Leraning sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Materi Gravitasi
Abstract
Penerapan Model Discovery Learning pada mata pelajaran Fisika di kelas X IPA-2 MAN 2 Klaten tahun pelajaran 2019/2020 berjalan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang didapat, memperlihatkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA-2. Peningkatan ini berdasarkan data-data yang telah didapatkan pada tiap siklusnya.Berdasarkan data yang didapatkan, memperlihatkan kenaikan jumlah siswa yang mencapai kategori “tuntas†di setiap siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terdapat 75% siswa yang tuntas KKM. Berdasarkan data pada tabel diatas dapat dilihat bahwa pada prasiklus hanya terdapat 6 (30%) siswa tuntas KKM. Pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa X IPA-2 yang tuntas yaitu, terdapat 16 (80%) siswa tuntas KKM. Pada siklus II terjadi lagi peningkatan jumlah siswa X IPA-2 yang tuntas yaitu, terdapat 18 (90%) siswa tuntas KKM. Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus II. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus I dan II, yaitu lebih dari 75% siswa tuntas KKM. Sedangkan pada nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 78. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 84. Pada aspek motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dari data yang diperoleh, baik di siklus I maupun di siklus II sudah mencapai indicator keberhasilan pada aspek peningkatan motivasi belajar siswa kelas X IPA-2. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai kriteria minimal ketuntasan pada aspek peningkatan motivasi belajar mencapai 90%. Jumlah ini jauh lebih besar dari ketentuan minimal jumlah siswa yang harus mencapai kriteria ketuntasan minimal pada indicator keberhasilan, yaitu hanya 70% siswa. Apalagi jika kita lihat pada hasil peningkatan motivasi belajar siswa di siklus II, semua siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal motivasi belajar.
Downloads
References
Budiningsih, C. Asri. (2012). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Destiana, Dita, Suchyadi, Yudhie, & Anjaswuri, Fitri. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119–123. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2720.
Haderani, Haderani. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103.
Idzhar, Ahmad. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.
Ilahi, Mohammad Takdir. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy & Mental. Vocational Skill. Jogjakarta: Diva.
Izzaty, Rita Eka, Suardiman, S. P., Ayriza, Y., Purwandari, Hiryanto, & Kusmaryani, R. E. (2008). Perkembangan peserta didik. UNY Press.
Laila, Rusyda. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Permintaan dan Penawaran dikelas VIII SMP Islam Setia Nurul Azmi Medan TP 2016/2017. UNIMED.
Mukhtar, Radinal. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Octavia, Shilphy A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Sleman: Deepublish.
Sarbunan, Thobias. (2020). Landasan Pendidikan Modul Pembelajaran Fakultas Seni Keagamaan IAKN Ambon. IAKN Ambon.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudarsana, I. Ketut. (2016). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14.
Sulbani, Slamet. (2014). Upaya peningkatan prestasi belajar IPA dengan Model Discovery Learning pada siswa kelas X IPA-2 Muhammadiyah, Nogosari Girimulyo Kulon Progo Yogjakarta.
Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Copyright (c) 2023 Widada Widada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.