Pengaruh Proses Perencanaan terhadap Optimalisasi Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumba Barat

  • Rotua Romauli Yetty Erawati Butar Butar Universitas Terbuka, Indonesia
  • Apriana H. J. Fanggidae Universitas Terbuka, Indonesia
  • Heri Wahyudi Universitas Terbuka, Indonesia

Abstract

Perencanaan memegang peranan penting dan utama dalam mencapai tujuan keberadaan organisasi. Perencanaan yang matang akan mencapai tujuan yang terbaik/maksimal. Perencanaan yang canggih diperoleh dengan mengembangkan rencana strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses perencanaan terhadap optimalisasi penyusunan rencana strategis (RENSTRA) pada dinas kepemudaan dan olahraga kabupaten Sumba Barat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakani pendekatan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh empat variabel yaitu pemprograman (programming), penganggaran (budgeting), penjadwalan (scheduling) dan kebijakan (policies) sebagai variabel bebas terhadap optimalisasi penyusunan rencana strategis (RENSTRA) sebagai variabel terikat. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pemprograman memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap optimalisasi perencanaan RENSTRA. Penganggaran memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap optimalisasi perencanaan RENSTRA. Penjadwalan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap optimalisasi perencanaan RENSTRA. Kebijakan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap optimalisasi perencanaan RENSTRA. Semakin baik kemampuan ASN di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sumba Barat dalam membuat kebijakan, secara nyata meningkatkan optimalisasi perencanaan RENSTRA pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut. Pemprograman, Penganggaran, Penjadwalan dan Kebijakan secara bersama memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap optimalisasi perencanaan RENSTRA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 20, 2022
How to Cite
BUTAR BUTAR, Rotua Romauli Yetty Erawati; H. J. FANGGIDAE, Apriana; WAHYUDI, Heri. Pengaruh Proses Perencanaan terhadap Optimalisasi Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumba Barat. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 17592-17603, dec. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/10670>. Date accessed: 30 jan. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10670.