Analisis Kualitas Hasil Penjernihan Air Dengan Metode Koagulasi Flokulasi Guna Mengoptimalkan Kesesuaian Output Dengan Standar Baku Mutu Limbah Cair di Unit Effluent Treatment III B PT. Petrokimia Gresik

  • Riky Saputro Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Moch. Nuruddin Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

Abstract

PT Petrokimia Gresik merupakan perusahaan berwawasan lingkungan yang terus berupaya meminimalisir terbentuknya limbah sebagai akibat dari proses produksi. Hal tersebut dilakukan agar limbah yang dihasilkan tidak membahayakan lingkungan sekitarnya. PT Petrokimia Gresik merupakan industri yang bergerak dalam bidang produksi pupuk dan bahan kimia, bahan kimia yang diproduksi diantaranya Phosporid Acid, Sulfurid Acid, dan Gypsum Purification, limbah yang dihasilkan dari ketiga produk tersebut sangat berbahaya, dari hal ini peneliti ingin memastikan dengan membandingkan antara hasil output unit Effluent Treatment dengan standar baku mutu yang telah ditetapkan oleh kementrian lingkungan hidup.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya ketidaksesuaian antara limbah output dengan standar baku mutu, memberikan usulan perbaikan dan implementasi yang diharapkan dapat mengurangi ketidaksesuaian antara output limbah dengan standar baku mutu.penelitian ini menggunakan metode Quality tools dan FMEA. Usulan perbikan yang didapat dalam penelitian ini adalah Dilakukan training internal unit ET III B, Selalu berkoordinasi antara operator CCR dan lapangan, Pengecekan yang rutin terhadap line yang sering buntu yang dilakukan oleh operator lapangan, Preventive yang rutin dan terjadwal oleh pihak maintenance terkhusus equipment vital, Frekuensi preventive alat pengukur yang diperpendek sehingga meminimalisir kesalahan pembacaan oleh alat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 28, 2022
How to Cite
WICAKSONO, Riky Saputro; NURUDDIN, Moch.. Analisis Kualitas Hasil Penjernihan Air Dengan Metode Koagulasi Flokulasi Guna Mengoptimalkan Kesesuaian Output Dengan Standar Baku Mutu Limbah Cair di Unit Effluent Treatment III B PT. Petrokimia Gresik. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 17619-17628, dec. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/10671>. Date accessed: 03 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10671.