Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan merupakan agen perubahan yang signifikan dalam pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan agama Islam merupakan tiang dari pendidikan karakter. Pendidikan karakter dibentuk dari materi akidah akhlak yang terdapat pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Pembelajaran pendidikan agama Islam dapat menjadi media untuk menyalurkan pengetahuan dalam aspek kognitif (keagamaan), sebagai media dalam menyalurkan nilai moral dan norma guna terbentuknya aspek afektif (sikap), yang memiliki peran guna mengendalikan aspek psikomotorik (perilaku), sehingga terciptanya kepribadian individu seutuhnya. Konsep pendidikan influentif pendidikan Islam dalam pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa strategi, yaitu: (1) Pendidikan dengan keteladanan, (2) Pendidikan dengan adat kebiasaan, (3) Pendidikan dengan nasihat, (4) pendidikan dengan memberikan perhatian, dan (5) pendidikan dengan memberikan hukuman.
Downloads
References
Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119.
Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1–26.
Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76
Anshori, I. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74.
Atabik, A., & Burhanuddin, A. (2015). Konsep nasih ulwan tentang pendidikan anak. Jurnal Elementary, 3(2).
Budi, A. S., & Wardani, K. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pemanfaatan Budayasekolah Di Sd Negeri Kyai Mojo Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 4(1).
Hari Kuncoro, M., Tunas, B., & Wibowo. (2019). Career Development of Indonesian National Police: The Case Study Analysis of Police Grand Comissioner Rank. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 3(2), 58–71. https://doi.org/10.21009/jobbe.003.2.04
Huda, H. (2019). Membangun Karakter Islami Melalui Al Islam dan Kemuhammadiyahan [Studi Analisis Perpres Nomer 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)]. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 55–70.
Indrawan, I. (2019). Konsep Dasar Ekonomi Pendidikan pada Tataran Suprastruktur dan Infrastruktur Politik di Indonesia. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 91–98. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.80
Khaidir, K., & Saputra, M. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di MTSS Nurur Rasyad Al-Aziziyah Tijue. Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), 3(1), 359–367.
Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215.
Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256.
Lickona, T. (2012). Character education: Restoring virtue to the mission of schools. In Developing Cultures (pp. 57–76). Routledge.
Masruri, A. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Kasus Di MAS Jam’iyyah Islamiyyah Pondok Aren). Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran Dan Keislaman, 3(1), 96–112.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.
Musthofa, Z. A., Husamah, H., Hudha, A. M., Muttaqin, T., Hasanah, I., & Setyawan, D. (2017). Mengurai Sengkarut Bencana Lingkungan (Refleksi Jurnalisme Lingkungan dan Deep Ecology di Indonesia). UMM Press dan PSLK UMM.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Purnomo, H., Mansir, F., Tumin, T., & Suliswiyadi, S. (2020). Pendidikan Karakter Islami Pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91–100.
Rachel, R., & Rangkuty, R. P. (2020). Konsumerisme dan Gaya Hidup Perempuan di Ruang Sosial: Analisis Budaya Pembedaan Diri di Lingkungan FISIP Unimal. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 1(1), 97–113.
Revita, F., Dewa, M., Anjani, L., & Fatoni, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Al-Irsyad Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1).
Sari, N. K. S. K., Hutabarat, M. S., Susanti, E., & Sopyan, M. (2020). Strategi Penanaman Karakter Islami Pada Siswa MTS Swasta Al Manar Medan Johor (Studi Kasus Selama Pembelajaran Daring). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 147–164.
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49–58.
Sunarso, A. (2020). Revitalisasi Pendidikan Karakter melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budaya Religius. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155–169.
Suwito Eko, P., Eko, H., Munandar, M. A., & Rachman, M. (2020). Local Wisdom: Pillar Development of Multicultural Nations and National Education Values. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(6), 1587–1598.
Syarif, Z. (2014). Pendidikan profetik dalam membentuk bangsa religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–16.
Ulfa, M., Khairi, N., & Maryam, F. (2016). Formulasi dan evaluasi fisik krim body scrub dari ekstrak teh hitam (Camellia sinensis), Variasi Konsentrasi Emulgator Span-Tween 60. Jurnal Farmasi UIN Alauddin Makassar, 4(4), 179–185. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jurfar.v4i4.2257
Undang-Undang No.20. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Upi, B. R. (2019). Fakta Dibalik Anak Indonesia: Indonesia Gawat Darurat Pendidikan Karakter. Diakses Dari Http://Bem. Rema. Upi. Edu/Fakta-Dibalik-Anak-Indonesia-Indonesia-Gawat-Darurat-Pendidikan-Karakter.
Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145–151.
Copyright (c) 2022 Sri Raharjo Saptono Putro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.