Pentingnya Deteksi Dan Intervensi Dini dengan Implementasi AVT Pada Perkembangan Anak Speech Delay dengan Sensorineural Hearing Loss

  • Zamrotu Iva Purwanti Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya Jawa Timur, Indonesia
  • Neni Asmawati Putri Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
  • Eka Marta Puspita Rini Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
  • Romdhoni Romdhoni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
  • Ahmad Suryawan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
Keywords: Delayed Speech;, SNHL;, Auditory Verbal Therapy;, Anak usia dini;

Abstract

Pendahuluan: Delayed Speech adalah keterlambatan proses bicara seorang anak dibandingkan dengan proses bicara anak seusianya dan merupakan masalah utama yang sebagian besar diakibatkan oleh gangguan pendengaran. American Academy of Pediatrics (AAP) dan Joint Committee on infant Hearing (JCIH) 2007 merekomendasikan gangguan pendengaran kongenital terdiagnosis sebelum usia 3 bulan dan mendapat intervensi sebelum usia 6 bulan. Hal ini berkaitan dengan fase kritis perkembangan bahasa yang dimulai dari 6 bulan pertama kehidupan dan terus berlanjut sampai usia 2 tahun. Auditory Verbal Therapy (AVT) sebagai intervensi dini memaksimalkan penggunaan sisa pendengaran dengan alat bantu dengar atau implant koklea untuk deteksi suara. Semua elemen-elemen penting dari intervensi dini yang efektif dapat ditemukan di dalam AVT. Tujuan: Mengetahui dampak deteksi dan intervensi dini dengan implementasi AVT bagi perkembangan anak speech delay dengan gangguan pendengaran. Metode: Literature review ini bersumber dari berbagai artikel penelitian, laporan kasus, dan website yang bereputasi yang diterbitkan pada tahun 2017 - 2022. Sumber diakses melalui google schoolar, Science direct, dan website-website bereputasi, seperti WHO dan JCIH. Pencarian artikel dibantu dengan penggunaan kata kunci, kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Ditentukan 7 sumber artikel yang layak dan relevan untuk digunakan setelah melewati tahap critical appraisal. Kesimpulan: Berdasarkan beberapa penjelasan dan bukti yang ditemukan, intervensi dini dengan teknologi pendengaran baik alat bantu dengar (ABD) maupun coclear implant dan penerapan Auditory Verbal Therapy memberikan dampak yang positif bagi perkembangan anak speech delay dengan SNHL dan memungkinkan anak untuk memiliki kemampuan berbahasa yang setara dengan anak seusianya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbari, R. L., Khan, M. S. G., & Arshad, H. (2017). Effectiveness of Auditory Verbal Therapy in Children with Cochlear Implantation and Hearing Aid Users: JRCRS. 2017; 5 (1): 8-11. Journal Riphah College of Rehabilitation Sciences, 5(1), 8–11.

Ashori, M. (2022). Impact of Auditory-Verbal Therapy on Executive Functions in Children with Cochlear Implants. Journal of Otology.

Awad, R., Oropeza, J., & Uhler, K. M. (2019). Meeting the joint committee on infant hearing standards in a large metropolitan children’s hospital: Barriers and next steps. American Journal of Audiology, 28(2), 251–259.

Fitriyani, F., Sumantri, M. S., & Supena, A. (2019). Language development and social emotions in children with speech delay: case study of 9 year olds in elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 23.

Fobi, D., & Oppong, A. M. (2019). Communication approaches for educating deaf and hard of hearing (DHH) children in Ghana: historical and contemporary issues. Deafness & Education International, 21(4), 195–209.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02).

Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam memahami bahasa. Metabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran, 2(1).

Handokoa, W. B., Etikaa, R., Hariantoa, A., & Purnami, N. (2021). Effects of Low Birth Weight Babies on Cochlear Function In Newborns at Dr Soetomo Hospital Surabaya. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 17(2), 234–238.

Hartanto, W. S. (2018). Deteksi keterlambatan bicara dan bahasa pada anak. Cermin Dunia Kedokteran, 45(7), 545–550.

Heriyanti, H. (2020). Metode Auditory Verbal Therapy (Avt) Dalam Pengembangan Kemampuan Komunikasi Anak Tunarungu Pengguna Cohlear Implant (Ci) Di Sekolah Inklusi Aluna Jakarta Selatan. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 3.

Jauhari, J. (2020). Deteksi Gangguan Pendengaran pada Anak Usia Dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 61–71.


Kaipa, R., & Danser, M. L. (2016). Efficacy of auditory-verbal therapy in children with hearing impairment: A systematic review from 1993 to 2015. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 86, 124–134.

Lim, S. Y. C., & Simser, J. (2005). Auditory-verbal therapy for children with hearing impairment. Ann Acad Med Singapore, 34(4), 307–312.

Maulana, M. S. (2020). in Late Diagnosed Congenital Hearing Loss with Delayed Speech: A Case Report. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(3), 139–148.

Purnami, N., Dipta, C., & Rahman, M. A. (2018). Characteristics of infants and young children with sensorineural hearing loss in Dr. Soetomo Hospital. Oto Rhino Laryngologica Indonesiana, 48(1), 11–17.

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705–709.

PUTRI, S. A., & PURBANINGRUM, E. (2020). Studi Deskriptif: Implementasi Auditory Verbal Therapy Terhadap Keterampilan Berbahasa Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1).

Rahardja, D. (2010). Pengantar Pendidikan Luar Biasa (Ortopedagogik). Surabaya: UNESA Press.

Ratih, H., & Rini, A. P. (2015). Pengaruh Auditori Verbal Therapy Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pendengaran. Jurnal Psikologi Indonesia, 4.

Sarry, S. M., & Ervika, E. (2018). Parental Emotional Coaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghadapi Emosi Negatif Anak Tunarungu. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 117–123.

Sholehen, A., Pralampito, F., Galih, A., Ghaus, A., Airina, A., & Purnami, N. (2020). The role of family intervention in early detection of congenital deafness: a case study. Journal of Community Medicine and Public Health Research, 1(2), 97–104.

Warasanti, E. S., Purnami, N., & Soeprijadi, S. (2020). Comparison Results of Automated Auditory Brainstem Response and Brainstem Evoked Response Audiometry for Hearing Loss Detection in High-risk Infants. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 8(B), 593–596.
Published
2022-12-31