Efek Umur Simpan terhadap Kualitas Telur Layer Pasar Tradisional Kota Ambon

  • Muhammad Juraid Wattiheluw Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Lily Joris Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Fatma Wati Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: Telur Ayam Layer, Umur Simpan, Kualitas Telur

Abstract

Telur merupakan makanan sumber protein yang lengkap. Di samping itu, telur sangat mudah diperoleh baik di kota maupun di desa dan telur selalu tersedia setiap saat tanpa mengenal musim serta harganya terjangkau. Ketersediaan yang tidak mengenal musim, ini ternyata sering kali tidak diikuti dengan penyimpanan yang memadai. Kandungan gizi telur yang tinggi dan penanganan yang tidak memadai akan mempercepat terjadinya pembusukan sehingga nilai gizinya akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek umur simpan terhadap kualitas telur layer di pasar tradisional Kota Ambon. Metode yang digunakan ialah metode analisa statistik deskriptif dengan melihat nilai rata-rata dan standar deviasi. Hasil pengamatan menunjukkan tidak ada perbedaan dari ketiga sumber dilihat dari susut bobot telur, nilai Haugh Unit, Indeks putih telur, indeks kuning telur, pH telur dan ukuran rongga udara. Penyusutan bobot telur tertinggi terjadi pada telur yang disimpan selama 6 minggu, nilai Haugh Unit tertinggi pada telur segar dan ukuran rongga udara terbesar adalah telur yang disimpan selama 6 minggu. Kesimpulan Kualitas telur ayam ras dipasar tradisional Kota Ambon mengalami penurunan mulai pada hari ke 14.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adijaya, I. Nyoman. (2018). Keragaan Produktivitas Ubi Kayu Varietas Gajah Di Lokasi Pengembangan Model Pertanian Bio Industri Desa Antapan Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Buletin Teknologi Dan Informasi Pertanian, 16(49), 2018156.

Andika, Pebri, Anwar, Pajri, & Jiyanto, Jiyanto. (2021). Pengaruh Cairan Kapur (CaCO3) Terhadap Kualitas Dan Daya Tahan Telur Asin. Green Swarnadwipa: Jurnal Pengembangan Ilmu Pertanian, 10(3), 422–430.

Astuti, Diana Widi, Nova, Khaira, Sutrisna, Rudy, & Septinova, Dian. (2022). Pengaruh Lama Penyimpanan Telur Herbal Ayam Ras Fase Pertama di Refrigerator terhadap Penurunan Berat Telur, Diameter Rongga Udara, dan Indeks Albumen. Jurnal Riset Dan Inovasi Peternakan (Journal of Research and Innovation of Animals), 6(1), 15–21.

Djaelani, Muhammad Anwar. (2016). Ukuran rongga udara, pH telur dan diameter putih telur, ayam ras (Gallus L.) setelah pencelupan dalam larutan rumput laut dan disimpanan beberapa waktu. Buletin Anatomi Dan Fisiologi (Bulletin Anatomy and Physiology), 1(1), 19–23.

Fajriana, Eva, Djaelani, Achmad, & Gunawan, Aam. (2020). Pengaruh media pengasapan terhadap kualitas eksterior dan organoleptik telur asin asap. Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai, 10(1), 26–37.

Fararen, Jein Aulia. (2021). Gambaran Angka Lempeng Total (Alt) Bakteri Pada Kelapa Parut Yang Dijual Di Pasar Di Kota Kendari. Poltekkes Kemenkes Kendari.

Hardianto, Hardianto. (2017). Pengaruh Cairan Kapur (CaCO3) terhadap Kualitas dan Daya Simpan Telur Asin. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Herlina, Elin, Syarifudin, Deden, & Yulia, Lia. (2019). Pemetaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pemberdayaan Masyarakat Miskin Di Kabupaten Ciamis.

Jaya, Hapsar. (2018). Analisis etika bisnis Islam terhadap strategi pemasaran produk roti mantao (studi Toko Sinar Terang Parepare). STAIN Parepare.

Kamaruddin, Ahmad, Monim, Hanike, Mulyadi, Mulyadi, & Sambodo, Priyo. (2020). Kualitas Fisik Telur Ayam Petelur pada Tingkat Pelaku Usaha di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat: Physical Quality of Layer Eggs Supply at the Level of Local Business in Manokwari Regency West Papua Province. Jurnal Ilmu Peternakan Dan Veteriner Tropis (Journal of Tropical Animal and Veterinary Science), 10(2), 128-â.

Prasetia, Berly Tenica, Nova, Khaira, Riyanti, Riyanti, & Septinova, Dian. (2022). Kualitas Internal Telur Ayam Ras Konsumsi dan Telur Ayam Ras Tetas pada Lama Simpan yang Berbeda. Jurnal Riset Dan Inovasi Peternakan (Journal of Research and Innovation of Animals), 6(3), 242–251.

Retnaningsih, Budi. (2021). Hubungan Pemenuhan Gizi Ibu Nifas Dengan Pemulihan Luka Perineum Di Klinik Pratama Kedaton Bantul 2021. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Saputra, Rangga, Septinova, Dian, & Kurtini, Tintin. (2015). Pengaruh lama penyimpanan dan warna kerabang terhadap kualitas internal telur ayam ras. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 3(1).

Sihombing, Repilina, Kurtini, Tintin, & Nova, Khaira. (2014). Pengaruh lama penyimpanan terhadap kualitas internal telur ayam ras pada fase kedua. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 2(2).

Tooy, M. D., Lontaan, N. N., Karisoh, L. C. M., & Wahyuni, I. (2021). Kualitas fisik telur ayam ras yang direndam dalam larutan teh hijau (Camellia Sinensis) komersial. ZOOTEC, 41(1), 283–290.

Worang, P., Sondakh, E. H. B., Palar, C. K. M., Rumondor, D. B. J., & Wahyuni, I. (2022). Kualitas telur ayam ras yang dijual di pasar tradisional dan pasar modern Kota Manado. ZOOTEC, 42(1), 138–143.

Yanti, Rina. (2020). Manajemen risiko produksi peternakan ayam ras petelur dalam meningkatkan pendapatan usaha di Desa Banyu Urip Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. UIN Mataram.

Yoris, Lili, & Fredriksz, S. (2019). Pemanfaatan Gula Merah dan Air Kelapa Terhadap Pertumbuhan Ayam Broiler. Jurnal Hutan Pulau-Pulau Kecil, 3(1), 97–106.

Zainol, Arifin, Ronasari, Mahadji Putri, & Ninin Khoirunnisa, Ninin. (2019). Similarity Jamu Tradisional Ditinjau dari Aspek Ekonomi dan Kesehatan.
Published
2022-12-29