Review Desain Gedung Kantor Bappenda Kabupaten Bogor dengan Analisis Beban Gempa Dinamik Respon Spektrum

  • Samsul Azi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
Keywords: Review, Desain, Kapasitas, Retrofiting, Kekangan

Abstract

Gedung Bappenda Kabupaten Bogor adalah gedung yang mengalami perubahan desain pada saat pembangunan berlangsung. Dimana terjadi penambahan lantai pelayanan yang pada perencanaanya didesain sebagai bangunan 2 lantai namun pada pelaksanaanya dibangun mejadi 3 lantai tanpa adanya analisis struktur terlebih dahulu.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kinerja dan kapasitas struktur terhadap gaya luar yang bekerja ditinjau dari standar perencanaan serta peta gempa terbaru. Analisis struktur dilakukan dengan menggunakan program Etabs versi 18.2 dengan mengasumsikan sistem struktur menggunakan SRPMK dilanjutkan dengan analisis element struktur dengan cara manual berdasarkan SNI 03-2847-2019.Hasil analisis menunjukan bahwa kapasitas lentur dan geser balok tidak dapat menahan moment dan gaya geser ultimit yang terjadi, sedangkan Kapasitas aksial kolom masih bisa menahan gaya aksial ultimit yang terjadi tetapi kapasitas lentur kolom tidak dapat menahan moment ultimit yang terjadi serta persyaratan kekangan dan Strong Column Weak Beam tidak terpenuhi. Sehingga gedung ini perlu dilakukan perkuatan/retrofiting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Council, Appiied Teehnoiogy. (1996). Seismic evaluation and retrofit of concrete buildings. Report No. SSC 96-01: ATC-40, 1.

Faizah, Restu. (2013). Analisis Gaya Gempa Rencana Pada Struktur Bertingkat Banyak Dengan Metode Dinamik Respon Spektra. Universitas Sebelas Maret.

Liando, Frinsilia Jaglien, Dapas, Servie O., & Wallah, Steenie E. (2020). Perencanaan struktur beton bertulang gedung kuliah 5 lantai. Jurnal Sipil Statik, 8(4).

Nasional, Badan Standardisasi. (2012). Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan non gedung. Sni, 1726, 2012.

Nasional, Badan Standarisasi. (2002). Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung (SNI 1726–2002). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Nasional, Badan Standarisasi. (2019). SNI-03-2847-2019. Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung.

Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Badan Penelitian dan Pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman. Tim Pusat Studi Gempa. (2017). Peta sumber dan bahaya gempa Indonesia tahun 2017. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Badan Penelitian ….

Pamungkas, Anugrah, & Harianti, Erny. (2018). Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa. Andi Offset, Yogyakarta.

Wijaya, Tavio Usman. (2018). Desain Rekayasa Gempa Berbasis Kinerja (Performance Based Design). Andi. Yogyakarta.

Yanto, Nugrafindo, Imani, Rafki, & Andika, Zulva. (2019). Evaluasi Kinerja Struktur Gedung Rumah Sakit Paru Sumatera Barat dengan Pushover Analysis. Civil Engineering Collaboration, 1–9.
Published
2022-12-29