Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Ilmiah Siswa Smak Yayasan Persekolahan ST. Petrus Keuskupan Agung Ende

  • Maria Yulita C. Angel STIPAR Ende
Keywords: Kesalahan Berbahasa, Karya Tulis Ilmiah, Berbahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan berbahasa yang meliputi kesalahan ejaan, diksi, kalimat, dan faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMAK Yayasan Persekolahan St. Petrus Keuskupan Agung Ende. Sumber data penelitian ini adalah enam artikel karya tulis ilmiah siswa. Penelitian ini bersifat deskritif kualitatif. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan ejaan: kesalahan penulisan huruf kapital, huruf miring, angka dan bilangan, kata sandang (si dan sang), singkatan, partikel, kata depan, kata turunan (kata berimbuhan, bentuk ulang, dan gabungan kata), dan kata ganti. kesalahan diksi: ketepatan meliputi sinonim, denotatif-konotatif, penggunaan kata secara ekonomis. kesesuaian meliputi penggunaan kata baku dan penghindaran kata cakapan. kesalahan kalimat: subyek ganda, kemabiguan, ketidakjelasan subyek, dan konjungsi yang berlebihan. faktor penyebab terjadinya kesalahan berasal dari guru pembimbing, siswa (interferensi bahasa daerah), dan pihak luar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjarwati, Lutfi. 2021. Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Karangan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pena Indonesia Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Volume 7, Nomor 1, April 2021, ISSN: 22477-5150, e-ISSN: 2549-2195 http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi

Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Feny Oktaviani, Muhamad Rohmadi, dan Purwadi. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Surakarta). BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 94
Volume 6 Nomor 1, April 2018, ISSN I2302-6405. DOI: https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37657

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia

Meleong, J Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Miles, B Matthew dan Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentan Metode-Metode Baru (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Nurwicaksono, Bayu Dwi dan Amelia Diah. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2 Nomor 2, Desember 2018 e-ISSN: 2580-9040------e-Journal: http://doi.org/10.21009/AKSIS halaman 138-153 doi.org/10.21009/AKSIS.020201

Pandeangan Marwan, Siburian Jangkontua, Sari, Livia Olga Indah, dan Sari Novita. 2020. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. SEJ (School Education Journal) Vol. 10 No. 2 Juni 2020. Universitas Negeri Medan

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfa Beta

Sukestriyarno. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Semarang: UnnesPress

Suyitno, Imam. 2012. Menulis Makalah dan Artikel. Bandung: Refika Aditama

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1990. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Guntur H. 1997. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud.

Tim Pengembangan Pedoman Bahasa Indonesia. 2022. Ejaan Yang Disempurnakan Edisi V. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Published
2022-12-20