Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Keluarga Di Indonesia

  • Rudiawan Noor Aliamsyah Universitas Stikubank Semarang Jawa Tengah, Indonesia
  • Elen Puspitasari Universitas Stikubank Semarang Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Perusahaan Keluarga, Kinerja Perusahaan

Abstract

Tata kelola perusahaan adalah konsep yang diusulkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dengan mengawasi atau memantau kinerja manajemen dan memastikan akuntabilitas manajemen kepada pemangku kepentingan berdasarkan kerangka peraturan. Penelitian ini adalah untuk Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk memberikan bukti tambahan tentang bagaimana GCG mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan keluarga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling untuk sampel bersyarat yang ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian yang dilakukan adalah Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan tingkat kepercayaan 95% dan tingkat kesalahan 5% (alpha). Jika nilai signifikansi probabilitas lebih kecil dari tingkat kesalahan 0,05 maka dapat dikatakan bahwa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (hipotesis benar), sedangkan jika nilai signifikansi probabilitas lebih besar dari tingkat kesalahan 0,05 maka dapat dikatakan bahwa variabel bebas tidak berpengaruh terhadap variabel terikat (hipotesis ditolak). Dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa pengaruh timbul dari penelitian ini dari variabel independent yang berpengaruh juga terhadap variabel dependen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiah, D. N. (2022). Laporan Kuliah Kerja Magang (Kkm) Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Pada Badan Pusat Statistik (Bps) Kota Mojokerto.

Aljana, B. T., & Purwanto, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Kepemilikan Dan Kualitas Audit Terhadapmanajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Diponegoro Journal Of Accounting, 6(3), 207–221.

Daniri, M. A. (2014). Lead By Gcg.

Devani, V., & Setiawarnan, A. (2015). Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metoda Balanced Scorecard. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 13(1), 83–90.

Effendi, M. A. (2009). The Power Of Good Corporate Governance: Teori Dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.

Hisamuddin, N. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 10(2), 109–138.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi & Manajemen.

Pratiwi, F. L., Susilawati, R. A. E., & Purwanto, N. (2016). Analisis Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1).

Primadhanny, R. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Tercatat Di Bei Periode 2010-2014. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 1–9.

Putri, H. D. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Dengan Tax Planning Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2010-2014).

Rahmawati, H. I. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan. Accounting Analysis Journal, 2(1).

Santoso, R. (2017). Analisis Implementasi Good Corporate Governance (Gcg) Dan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Bank Umum Syariah. Stie Perbanas Surabaya.

Sari, R. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 124–140.

Setyawan, R. R., & Christian, A. R. (2022). Perbandingan Kinerja Keuangan, Struktur Modal, Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Keluarga Dan Perusahaan Non-Keluarga. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 151–159.

Sukasih, A., & Sugiyanto, E. (2017). Pengaruh Struktur Good Corporate Governance Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 2(2), 121–131.

Valentino, V., & Juniarti, J. J. (2017). Pengaruh Struktur Kepemilikan Keluarga Dan Kinerja Perusahaan Pada Sektor Pertambangan. Business Accounting Review, 5(2), 613–624.

Wulandari, F., Masripah, M., & Widyastuti, N. P. E. (2020). Identifikasi Kualitas Audit Pada Hubungan Kompensasi Eksekutif Dan Capital Intensity Terhadap Penghindaran Pajak. Prosiding Biema (Business Management, Economic, And Accounting National Seminar), 1, 569–586.
Published
2023-01-03