Analisis Efisiensi Penyimpanan Dan Distribusi Obat Di Gudang Instalasi Farmasi Rsud Kembangan

  • Chrystina Ambarwati Binol Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Indonesia
Keywords: Indikator Efisiensi, Turn Over Ratio (TOR), Stok Mati

Abstract

Terapi seni adalah salah satu metode psikoterapi yang menggunakan seni sebagai media utama untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan apa yang dirasakan seseorang dan merupakan salah satu bentuk dukungan emosional guna membantu seseorang yang sedang menghadapi kondisi berat, tekanan psikologis akibat vonis sakit, proses pengobatan yang berkepanjangan, penyakit kronis ataupun gangguan mental. Ada banyak literatur dan penelitian tentang terapi seni dan pada umumnya seni yang digunakan sebagai media terapi adalah seni visual atau seni-seni lain namun masih terbatas pada seni yang dipahami memiliki sifat tenang, ‘self activiticy’, dan menggunakan motorik halus. Dengan menggunakan dasar pemikiran Michael Foucault, peneliti bertujuan menganalisis dan mengkritisi bahwa kesuksesan proses healing tidak bergantung pada jenis seni yang digunakan sebagai media terapi tetapi lebih pada metode dan penerapannya yang melibatkan kesadaran kritis terhadap proses pemulihan yang melibatkan pemahaman akan kekuasaan, praktik, wacana dan pengetahuan yang terbingkai melalui budaya. Metode kualitatif Etnologi, autoetnografi terlibat dan wawancara mendalam dengan tiga wanita penyitas kanker tim tari CISC Jakarta akan diterapkan pada penelitian ini. Hasil observasi didapatkan kondisi gudang dan fasilitas untuk menyimpan obat di Gudang Instalasi Farmasi RSUD Kembangan sesuai dengan pengisian checklist. Kesimpulan Penelitian ini membuktikan teori power of knowledge menjadi sesuatu yang sangat penting dan penentu karena mengkonstruksi adanya realitas-realitas dan membentuk control sosial. Seperti kontrol sosial yang terjadi di komunitas tim tari CISC, diman relasi kuasa, pengetahuan dan diskursus yang terjalin dengan baik membentuk kedisiplinan dalam pola budaya untuk terus menjaga kesehatan mental dan fisiknya agar kegiatan menari tida terganggu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianto, D. (2017). Dominasi Sosial Dalam Novel Max Havelaar Karya Multatuli (Kajian Dominasi Simbolik Pierre Bourdieu). Jurnal Bapala Universitas Negeri Surabaya, 4, 1–10.

Anggraini, S. (2018). Modul Pengajaran Palliative Care Pada Anak Kanker: Terapi Hypnoparenting Untuk Menurunkan Fatique.

Foucault, M. (1997). Seks Dan Kekuasaan: Sejarah Seksualitas. Gramedia.

Gusmawan, S. (2017). Kondisi Psikologis Orang Tua Yang Memiliki Anak Gangguan Jiwa Di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hasnani, F. (2013). Spiritualitas Dan Kualitas Hidup Pada Penderita Kanker Serviks. Sekolah Pascasarjana Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hastriana, A. (2020). Polemik Kekuasaan Dalam Perspektif Hukum Islam (Di Kecamatan Amali Kabupaten Bone). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kamahi, U. (2017). Teori Kekuasaan Michael Foucault: Tantangan Bagi Sosiologi Politik. Jurnal Al-Khitabah, 3(3).

Krisdayanti, E., & Hutasoit, J. I. (2019). Pengaruh Coping Strategies Terhadap Kesehatan Mental Dan Kualitas Hidup Penderita Hiv/Aids Positif. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(3), 179–184.

Makhmudah, S. (2018). Hakikat Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Modern Dan Islam. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 202–217.

Nudin, L. S., Putro, S. S., & Yusar, D. (2021). Analisis Poskolonial Pada Novel Tak Ada Esok Karya Mochtar Lubis. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 27(1), 538–546.

Sahara, D. (N.D.). Tingkat Ketenangan Jiwa Penyintas Kanker Di Komunitas Cancer Information And Support Center (Cisc) Jakarta, Dibawah Bimbingan Muhtar Mochamad Solihin, M. Si, 2020. Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Santoso, L., & Meyrasyawati, D. (2015). Model Strategi Kebudayaan Dalam Pemberantasan Korupsi Di Indonesia. Jurnal Review Politik, 5(01), 22–45.

Sembiring, R., & Panggabean, R. D. E. (2020). Pendidikan Kesehatan Tentang Deteksi Dini Kanker Cerviks Di Klinik Mariana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Kesehatan), 2(1), 1–5.

Sirait, F. Y., & Pohan, S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Al-Maun Dalam Pengembangan Kelembagaan Muhammadiyah Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: Lazismu Kota Medan). Umsu.

Siregar, M. (2021). Kritik Terhadap Teori Kekuasaan-Pengetahuan Foucault. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1).

Suiraoka, I. P. (2012). Penyakit Degeneratif. Yogyakarta: Nuha Medika, 45–51.

Taryudi, T., & Setiawan, T. (2021). Tafsir Dan Politik Kekuasaan Di Indonesia. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(1), 63–70.
Published
2023-01-03