A, Rohaeni, Anie PENDEKATAN BEYOND CENTRES CIRCLES TIME (BCCT) DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL PERSATUAN ISLAM NO. 69 MANBA’UL HUDA JALAN CIJAWURA BANDUNG
Abstract
Anak usia dini merupakan kelompok usia yang dengan aktivitas belajar dan mendengar yang relatif tinggi. Pada umumnya kelompok usia ini akan mempelajari berbagai macam hal melalui menyimak dan mendengar apapun di sekitarnya. Kemampuan berbicara merupakandan menyimak merupakan kemampuan ilmiah yang dapat dimiliki via pembiasaan. Namun demikian, kendati dapat diperoleh dengan metode tersebut, rangsangan akan sangat memudahkan proses pemantapan kemampuan bericara dan menyimak. BCCt tau Beyond centres circles time merupakan rangsangan yang dapat diterapkan untuk memberi peningkatan pada skill atau berbicara dan menyimak. Namun demikian, pada penerapannya, pendekatan pola pengajaran yang cenderung sulit diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus mengenai penerapan BCCT yang dilakukan di RS Persis no. 69 Manba’ul Huda Jalan Cijawura Bandung. Penelitian ini menggunakan observasi serta wawancara sebagai teknik pengumpulan informasi dan data yang digunakan. Dari kedua hal tersebut peneliti menemui beberapa kendala pendidik dalam menerapkan BCCT. Ketidaktahuan pendidik menjadi dasar utama kenapa BCCT belum dapat diterapkan secara maksimal pada RA Persis No 69 Manba’ul Huda.