Sistem Informasi Wisata Muara Enim Sumatera Selatan

  • Fitri Purwaningtias Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia
  • Ira Maretta Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia
  • Hadi Syaputra Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia
  • Taqrim Ibadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma Palembang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis konsekuensi dari advertisement dan emotion pada konsumen perumahan di area kota Depok. Metode teknik pengumpulan data menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan secara langsung kepada sampel yang sudah disesuaikan kriterianya dan disebar melalui kuesioner kepada 170 responden dengan menggunakan skala likert 1-5 dimana 1 menunjukan sangat tidak setuju, sedangkan 5 menunjukan sangat setuju. Pernyataan dalam penelitian ini terdiri dari 34 pernyataan yang diperoleh dari empat variabel yaitu variabel price sensitivity, advertisement, emotion, dan purchase intention. Kuesioner disebarkan melalui google form dan door to door kepada responden yang pernah membeli perumahan di sekitar wilayah Depok. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa price sensitivity memiliki pengaruh positif terhadap advertisement, emotion, dan purchase intention. Hasil lainnya variabel advertisement tidak berhasil menjadi variabel penghubung terhadap emotion. Sementara advertisement dan emotion memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 3, 2023
How to Cite
PURWANINGTIAS, Fitri et al. Sistem Informasi Wisata Muara Enim Sumatera Selatan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 18028-18037, jan. 2023. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/10805>. Date accessed: 02 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10805.