Konsep Desain Konservasi Air Pada Masjid Nasyrul Ulum Sumenep

  • Fihir Alkautsar Program Studi Sarjana Arsitektur, UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Eva Elviana Program Studi Sarjana Arsitektur, UPN “Veteran” Jawa Timur.
Keywords: arsitektur berkelanjutan, konservasi air, masjid

Abstract

Air merupakan sumber daya alam yang menunjang hampir setiap aspek pendukung kehidupan. Kebutuhan akan air bersih tidak dapat dihindari, namun perlu diperhatikan agar tidak terbuang percuma. Sehingga diperlukan manajemen pengelolaan agar air yang dikeluarkan terpakai secara benar. Masjid Nasyrul Ulum merupakan masjid bersama yang digunakan oleh Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Sumenep. Sebagai masjid yang akan digunakan bersama dari berbagai elemen seperti santri, guru dan masyarakat daerah tentunya akan banyak aktivitas yang memerlukan air terutama penggunaan air untuk berwudhu. Masjid Nasyrul Ulum akan menjadi sebuah contoh yang baik dalam penerapan konservasi air dan manajemen lingkungan bangunan yang baik dalam sebuah gedung untuk berikutnya diterapkan pada gedung-gedung lainnya di Sumenep. Salah satu standar pelaksanaan arsitektur berkelanjutan bangunan yang dapat dijalankan pada gedung adalah dengan penerapan konservasi air. Di Indonesia, penerapan konservasi air untuk mencapai arsitektur berkelanjutan sendiri masih jarang ditemukan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui bagaimana rancangan rencana pembangunan Masjid Nasyrul Ulum Sumenep yang menerapkan Arsitektur Berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian metode penelitian kualitatif dengan mengeksplorasi studi literatur tentang arsitektur berkelanjutan dan penerapan konservasi air. Hasil dari penelitian ini adalah dapat memberi rancangan arsitektur berkelanjutan untuk Masjid Nasyrul Ulum Sumenep dengan menggunakan parameter GREENSHIP yang ditentukan oleh GBCI sehingga dapat menciptakan bangunan arsitektur berkelanjutan hingga dapat memberi dampak baik pada lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andesta, D. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(1), 82–97.
Andriyani, P., Nurhayati, T., & Suseno, S. H. (2017). Pengaruh oksidatif minyak ikan sardin untuk pangan. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 20(2), 275–285.
Armadi, D., Hidayat, A., & Simanjuntak, S. M. H. (2019). Analisis pengelolaan air bersih berkelanjutan di Kota Bogor (Studi Kasus: PDAM Tirta Pakuan). Journal of Agriculture, Resource and Environmental Economics, 2(1), 1–12.
Bahagia, B., & Nizar, M. (2018). Analisis Pengelolaan Air Bekas Wudhu’Jamaah Mesjid Jamik Lambaro Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Serambi Engineering, 3(1).
Cahyaningrum, E., Suci, R. Y., & Cahyaningrum, E. (2020). RABANI (Reaktor Baru Wudhu Masa Kini): Sistem Daur Ulang Air Wudhu yang Syar’i Berbasis Neo. Jurnal DinamikA, 1(1), 54–64.
Faidhillah, M. (2022). Dampak Keberadaan Pondok Pesantren Mambaul Maarif Pada Perkembangan Ekonomi Sosial Budaya Masyarakat Desa Denanyar Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Universitas Darul Ulum.
Hariyanto, A., Rilatupa, J., & Marpaung, C. O. P. (2020). Implementasi Aspek Green Building Konservasi Air Pada Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Pancang di Kalimantan Utara. SCALE, 8(1).
Ishaq, M. (2014). Manajemen Dakwah Jejaring Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Leysyah Print.
Lestari, H. M. (2020). Gambaran Perilaku Pemanfaatan Sungai sebagai Sarana Pembuangan Limbah Rumah Tangga pada Masyarakat di Desa Buaran Mangga Tahun 2019. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta-FIKES.
Mafra, R., Kurnia, K., Ardabili, A., Ferdiansyah, F., Handaka, H., & Irawan, I. (2019). Pengukuran Durasi Waktu Berwudhu dan Volume Penggunaan Air Pada Masjid-Masjid di Kota Palembang. Arsir, 2(2), 71–79.
Muid, A., & Ashari, ahmad hasan. (2021). Implementasi Pembelajaran Metode Syawir Sebagai Upaya Peningkatan Penguasaan Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Islam, 7(7), 1–44.
Najib, N. N. (2018). Kontribusi dan strategi Pengelolaan Jasa Lingkungan Air Tanah di Kota Makasar. Jurnal Pengelolaan.
Nanga, K. O. M. P. P. (2017). Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kelurahan Lemahputro dan Kelurahan Sidokare Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Narpodo, A. D. W. (2015). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan “Botanical Garden Visitor Center” di Sleman. UAJY.
Primadewi, S. P. N., & Nurjani, N. P. S. (2022). Arsitektur Regionalisme Tropis Hotel Alila Manggis, Bali. Quo Vadis Between Sustainable Architecture And Design Development. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 5(1), 1–9.
Putra, H., Jurnalis, Y. D., & Sayoeti, Y. (2019). Tatalaksana medikamentosa pada penyakit saluran cerna. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2), 407–418.
Sardjono, A. B. (2017). Menengok arsitektur permukiman masyarakat badui: arsitektur berkelanjutan dari halaman sendiri. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan, 19(1), 57–64.
Satyaningtijas, A. S., Kusumorini, N., Fachrudin, M. M., & Purnomo. (2018). Profil leukosit, diferensial leukosit, dan indeks stres luwak jawa (Paradoxurus hermaphroditus). Veteriner, 15(4), 487–493.
Sondari, S., & Nopy, N. (2021). Kinerja Program Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Bersih Perdesaan di Kabupaten Subang. The World of Public Administration Journal.
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.
Wardana, A. B., & Safitra, D. A. (2020). Efektifkah Landfill Tax? Sebuah Tinjauan. Jurnal Pajak Indonesia (Indonesian Tax Review), 4(2), 1–13.
Published
2022-12-20