Literatur Review: Dampak Covid 19 terhadap Pendidikan

  • Hamzah Hasyim Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Purnamaliyah Purnamaliyah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Denni Affandi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Cerah Cerah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Royana Royana Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Susilawati Susilawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Keywords: Covid 19, Pembelajaran Online, Wabah Global

Abstract

Karena wabah yang mendunia dan kejadian di Indonesia, kebijakan tinggal di rumah kini dapat digunakan dalam upaya menghentikan penyebaran Covid-19. Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak wabah Covid-19. Kondisi virus yang dikenal sebagai penyakit coronavirus 2019 disebabkan oleh coronavirus 2 yang menyebabkan sindrom pernapasan akut (COVID-19) (SARS-CoV-2). Hingga 50% masyarakat Indonesia melaporkan pengurangan aktivitas di luar rumah, dan 30% memperkirakan bahwa pelanggan akan meningkatkan pembelian online mereka, menurut Nielsen Research, yang dirilis dengan judul "Race Against the Virus, Respon Konsumen Indonesia terhadap COVID- 19." Untuk menghentikan penyebaran Covid-19, kegiatan kerja dilakukan secara daring, begitu pula dengan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) Mengkaji pengaruh Covid-19 terhadap keberhasilan pendidikan. 2) Evaluasi efisiensi pendidikan online di lingkungan di mana ada jarak sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengkaji sastra dalam konteks, yang mengaitkan sastra dengan kejadian di dunia nyata, seperti Covid-19. Following the arrival of the Covid-19 outbreak in Indonesia in mid-March 2020, the government created an education policy that called for a temporary replacement of in-person instruction at the elementary, junior high, and tertiary levels with online instruction. Karakter guru, teknologi yang digunakan, dan karakteristik siswa semuanya berperan dalam berhasil atau tidaknya pembelajaran online. Saat berpartisipasi, guru dan dosen yang belum mahir memanfaatkan teknologi dan media sosial sebagai media pembelajaran menghadapi beberapa tantangan. Selama masa isolasi sosial, kegiatan belajar mengajar secara daring. Sarana dan prasarana yang kurang memadai, jaringan internet, dan media sosial menjadi tantangan tambahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Fajriah, N. (2021). Gambaran Kecemasan Siswa Selama Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau’izhoh, 2(2). https://doi.org/10.31949/am.v2i2.2294.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hafni, R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 601–611. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.368.

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala, dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), 15–23.

Hastuti, P., Harefa, D. N., & Napitupulu, J. I. M. (2020). Tinjauan kebijakan pemberlakuan lockdown, phk, psbb sebagai antisipasi penyebaran covid-19 terhadap stabilitas sistem moneter. Prosiding WEBINAR Fakultas Ekonomi Unimed “Strategi Dunia Usaha Menyikapi Status Indonesia Sebagai Negara Maju: Pra Dan Pasca Covid-19,” 57–70.

Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi dampak Work from Home (WFH) terhadap kinerja guru selama pandemi COVID-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100.

Rifaldi, M. (2021). Pandemi Virus Corona. Salam Rafflesia.

Rudiyanto, M., & Kasanova, R. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(5), 209–213. https://doi.org/10.52436/1.jpti.43.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265.

Sugiarto, A. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Keperawatan Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Perawat Indonesia, 4(3), 432. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Published
2023-01-04