Konsekuensi dari Advertisement dan Emotion pada Konsumen Perumahan di Area Kota Depok

  • Florensia Rosary Meida Devinta Program Studi Magister Manajemen Universitas Trisakti Jakarta, Indonesia
  • Husna Leila Yusran Program Studi Magister Manajemen Universitas Trisakti Jakarta, Indonesia
Keywords: Price Sensitivity, Advertisement, Emotion, Purchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis konsekuensi dari advertisement dan emotion pada konsumen perumahan di area kota Depok. Metode teknik pengumpulan data menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan secara langsung kepada sampel yang sudah disesuaikan kriterianya dan disebar melalui kuesioner kepada 170 responden dengan menggunakan skala likert 1-5 dimana 1 menunjukan sangat tidak setuju, sedangkan 5 menunjukan sangat setuju. Pernyataan dalam penelitian ini terdiri dari 34 pernyataan yang diperoleh dari empat variabel yaitu variabel price sensitivity, advertisement, emotion, dan purchase intention. Kuesioner disebarkan melalui google form dan door to door kepada responden yang pernah membeli perumahan di sekitar wilayah Depok. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa price sensitivity memiliki pengaruh positif terhadap advertisement, emotion, dan purchase intention. Hasil lainnya variabel advertisement tidak berhasil menjadi variabel penghubung terhadap emotion. Sementara advertisement dan emotion memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boonpattarakan, Apicha. (2012). An experimental design to test the main and interaction effects of CSR involvement, brand naming, and pricing on purchase intentions in Thailand. International Journal of Business and Management, 7(16), 62.

Cakici, A. Celil, & Tekeli, Sena. (2020). Consumers’ perceptions of visual product aesthetics based on fashion innovativeness and fashion leadership levels: A research study in Mersin. Journal of Global Business Insights, 5(1), 73–86.

Chrisnathaniel, Hendy, Hartini, Sri, & Rahayu, Sari Puji. (2021). Analisis Gamification Shopee. com Sebagai Media Pemasaran Terhadap EWOM, Positive Emotion, & Repurchase Intention (Pada Aplikasi Shopee. com). Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 6(1), 15–32.

CNBC Indonesia. (2021). Q1-2021 Properti Bangkit, Laba Pengembang Raksasa Melambung.

Gan, Chunmei, & Wang, Weijun. (2017). The influence of perceived value on purchase intention in social commerce context. Internet Research.

Genoveva, Genoveva, & Utami, Nadira Noor. (2020). The Influence of Brand Image, Halal Label, and Halal Awareness on Customers Purchasing Decision of Halal Cosmetic. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 355.

Larasati, Kadek Lindi Dewani, & Yasa, Ni Nyoman Kerti. (2021). The role of positive emotion in mediating the effect of price discount on impulse buying Indomaret customers in Denpasar city, Indonesia. European Journal of Management and Marketing Studies, 6(2).

Lewinski et al. (2014). Automated facial coding: Validation of basic emotions and FACS AUs in FaceReader.

Ningsih, Nur Dwi Rahayu. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa J&T Express (Studi pada Pelanggan J&T Express Cabang Gempol Pasuruan).

Novita, Dian, & Husna, Nurul. (2020). Peran ecolabel awareness dan green perceived quality pada purchase intention. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 85–90.

Otamendi, F. Javier, & Sutil Martín, Dolores Lucia. (2020). The emotional effectiveness of advertisement. Frontiers in Psychology, 11, 2088.

Shubhangam, Kumar, Srivastava, Manisha, Ravi, Ritesh, & Singh, Ravinjit. (2020). Influence of Social Media Advertisement on Customer’s Purchase Decision: A Literature Review. International Journal on Recent Trends in Business and Tourism (IJRTBT), 4(4), 25–31.

Soler-Anguiano, Francisco Leonardo, Bustos-Aguayo, José Marcos, Palacios, Jorge, Zeelenberg, Marcel, & Díaz-Loving, Rolando. (2019). Development and validation of the Inventory of Emotional and Reasoned Purchases Decision-Making Styles (PDMI). Suma Psicológica, 26(2), 75–85.

Suryani, Tatik. (2013). Perilaku konsumen di era internet: Implikasinya pada strategi pemasaran. Graha Ilmu.

Upadana, Made Wahyu Krisna, & Pramudana, Komang Agus Satria. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(5), 1921–1941.
Published
2023-01-04