Pengaruh Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV Maja Menjangan Kabupaten Majalengka
Abstract
Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi yang akan digunakan untuk menganalisis pengaruh distribusi terhadap kepuasan konsumen pada CV Maja Menjangan Kabupaten Majalengka. Dan diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi sesuai dengan topik yang diambil penulis, dengan cara menganalisis, khususnya informasi dan data mengenai pengaruh distribusi terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dan verivikatif. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah konsumen CV Maja Menjangan Kabupaten Majalengka yang tidak diketahui jumlahnya secara pasti. Oleh karena populasi tidak diketahui maka pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus dari Wibisono. Berdasarkan hasil perhitungan maka jumlah sampel yang diteliti yaitu sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah: wawancara, observasi, angket dan studi literature. Teknik analisis data yang digunakan yaitu koefisien korelasi, regresi, determinasi dan uji hipotesis atau uji t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : terdapat pengaruh antara distribusi terhadap kepuasan konsumen karena thitung lebih besar dari ttabel (12,5798 > 1.66123). Nilai korelasi antara distribusi dengan kepuasan konsumen pada CV Maja Menjangan Kabupaten Majalengka berdasarkan data penelitian yang diperoleh adalah sebesar 0,7921 Maka hubungan variabel distribusi dengan kepuasan konsumen pada CV Maja Menjangan Kabupaten Majalengka masuk dalam kategori hubungan yang kuat. Kontribusi distribusi dengan kepuasan konsumen adalah sebesar 62,74% atau dapat dikatakan pula, bahwa varians yang terjadi pada variabel kepuasan konsumen (Y) 62,74% ditentukan oleh varians yang terjadi pada variabel distribusi (X). Sisanya, sebesar 37,26 % ditentukan oleh faktor-faktor diluar penelitian ini. Maka Persamaan Regresinya adalah : Y = 5,12 + 0,74 X. Artinya : b bersifat positif yaitu 5,12 artinya terdapat pengaruh positif X terhadap Y. Koefisien regresi sebesar 0,74 menyatakan bahwa setiap peningkatan (karena b bertanda +) 1 satuan distribusi akan meningkatkan kepuasan konsumen sebesar 0,74 satuan.
Kata kunci : Distribusi dan kepuasan konsumen