Optimalisasi Algoritma Greedy dalam Penyusunan Jadwal Pelajaran pada SMK Nurul Islam Cianjur

  • Ela Siti Laela Magister Ilmu Komputer, Teknik Informatika, STMIK Nusa Mandiri
  • Windu Gata Magister Ilmu Komputer, Teknik Informatika, STMIK Nusa Mandiri
  • Jajang Jaya Purnama Magister Ilmu Komputer, Teknik Informatika, STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Algoritma Greedy, Penjadwalan, Optimalisasi Ruangan

Abstract

Algoritma greedy merupakan algoritma yang bersifat heuristik dan urutan logisnya disusun berdasarkan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Dalam penelitian ini algoritma greedy digunakan untuk mengoptimalisasi penggunaan ruangan kelas yang ada di SMK Nurul Islam Cianjur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah algoritma greedy dapat mengoptimalisasi pembuatan Sistem Penjadwalan Mata Pelajaran di SMK Nurul Islam Cianjur dalam mengetahui jumlah ruangan kelas yang kosong setelah digunakannya algoritma, dan mengetahui apakah metode menggunakan algoritma greedy lebih baik dari pada sistem manual. Data yang digunakan adalah jadwal mata kuliah tahun ajaran 2018/2019 ganjil genap, dan 2017/2018 ganjil. Hasil akhir pembuatan sistem berupa suatu jadwal pelajaran yang dapat dilihat ruangan kosong yang ada dan durasi kosongnya ruangan tersebut. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan banyaknya ruangan kosong hasil dari sistem yang menggunakan algoritma greedy dengan sistem manual. Berdasarkan data jadwal pelajaran yang diinput ke dalam sistem ditunjukkan bahwa algoritma greedy memiliki ruangan kosong lebih banyak, hal itu menunjukkan bahwa algoritma greedy mampu mengoptimalisasi ruangan pada penjadwalanpelajaran di SMK Nurul Islam Cianjur secara baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darnita, Yulia, & Toyib, Rozali. (2019). Penerapan Algoritma Greedy Dalam Pencarian Jalur Terpendek Pada Instansi-Instasi Penting Di Kota Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Media Infotama, 15(2).

Fahmi, Anisah Nuril. (2022). Sistem penjadwalan ujian skripsi menggunakan algoritma Greedy. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hamidy, Fikri, Surahman, Ade, & Famelia, Revi Hikmah. (2022). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Apotek Menggunakan Metode MPKP (FIFO). Jurnal Tekno Kompak, 16(2), 188–199.

Hasibuan, Tyirmyji Tachir. (2022). Penerapan Algoritma Adaptif Dalam Mengenali Wajah Manusia Berdasarkan Penjajaran Minutiae. Jurnal Ilmu Komputer, 1(1), 1–7.

Mustari, Muhamad. (2022). Administrasi dan manajemen pendidikan sekolah. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rachman, Taufiqur, Watunglawar, Darmiolla Natasia, Amperajaya, M.Derajat, Adnan, Septian Rahmat, & Sriwana, Iphov Kumala. (2022). Penentuan Interval Waktu Penggantian dan Perbaikan Komponen Kritis Mesin Bubut Type SS-850 di PT. Hamdan Jaya Makmur Dengan Metode Age Replacement. Jurnal Metris, 23(1), 52–62.

RAMADHANI, SITI DINAR REZKI. (2022). Optimasi Rute Distribusi Berdasarkan Vehicle Routing Problem Dengan Fuzzy Time Windows.

Sitinjak, Kardo. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, dan Variasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tigalingga. Tahun Pelajaran 2018/2019.

Subakti, Hani, & Gata, Windu. (2021). Optimasi Minimum Pola Baju Khas Kain Tenun Sarung Samarinda Menggunakan Algoritma Greedy. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 1–6.

Sulasmoro, Arfan Haqiqi. (2022). Buku ajar algoritma dan pemrograman I. Penerbit P4I.

Sunandar, Hery, & Pristiwanto, Pristiwanto. (2019). Optimalisasi Implementasi Algoritma Greedy dalam Fungsi Penukaran Mata Uang Rupiah. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 4(2), 193–201.

Venata, Sendy Andrian. (2022). Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Buah Pada Toko Buah Surman Efendi Berbasis Website. Univeristas Komputer Indonesia.

Yunata, Ardian, & Widayati, Qoriani. (2020). Penjadwalan Pembuatan Container Portacamp Menggunakan Algoritma Greedy. Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS), 2(1), 183–195.
Published
2023-01-07